Our Events

 

Workshop Balance Scorecard & Review Indikator Kerja Utama (IKU) – Badan Standardisasi Nasional | Jakarta, 7 - 8 Februari 2018

events badan standardisasi

Magnatransforma Consulting Group mengadakan workshop Balanced Scorecard dan Review IKU untuk Badan Standardisasi Nasional yang bertempat di Hotel Sari Pan Pacific pada tanggal 7 dan 8 Februari 2018. Workshop dan Review ini dihadiri oleh karyawan/karyawati BSN. Workshop ini dibawakan oleh Dr. Martinus Tukiran. dan tim konsultan Trainer menjelaskan pemahaman mengenai strategi perusahaan dan pembuatan strategy map serta proses pembuatan dan penerapan balanced scorecard. Workshop ini diadakan dengan tujuan untuk menjelaskan konsep balanced scorecard kepada pemangku kepentingan di perusahaan-perusahaan tersebut. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk belajar melakukan cascading atau penurunan peta strategi tersebut kepada tingkat divisi. Balanced scorecard ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menilai kinerja perusahaannya. Masing - masing kepala divisi pun mengemukakan isu-isu yang sedang dialami serta aspirasi mereka mengenai kemajuan baik dalam birokrasi maupun teknologi yang mereka harapkan dari pengembangan Balanced Scorecard ini. Pertanyaan teknis dan praktis mengenai proses kerja divisi pun dilontarkan. Tim Magna mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan oleh BSN dan mengkaji masukan mereka dengan seksama.

 

Penutupan Proyek Balanced Scorecard Implementation – PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk | Jakarta, 17 Januari 2017

events cpj 01

Selasa, 17 Januari 2017 bertempat di Landmark Centre, diadakan penutupan proyek Balanced Scorecard Implementation untuk PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Proyek BSC ini dimulai sejak Desember 2015 dan pelaksanaan konsultansi aktif sejak Januari 2016. Acara penutupan ini dihadiri oleh konsultan Magna dan perwakilan dari Adira, yaitu Pak Bernhard dan tim. Penutupan dimulai pukul 11.00, diawali dengan diskusi terkait implementasi BSC yang sudah mulai dilaksanakan sejak pertengahan 2016. Pada kesempatan ini, konsultan juga menyerahkan hardcopy dan softcopy laporan pelaksanaan proyek dan hasil pembuatan BSC untuk Adira berupa peta strategi perusahaan, peta strategi divisi dan peta strategi departemen. Selain itu, laporan juga berisi individual scorecard untuk kepala divisi dan departemen (H1 dan H2), matriks alignment, dan matriks strategi inisiatif. Acara selesai pukul 12.00 dan ditutup dengan foto bersama dengan tim BSC dari Adira.

 

Quality Management System – Direktorat Pengawasan NAPZA, BPOM RI | Jakarta, 11 Desember 2015

events cpj 01

Bertempat di Gedung E BPOM RI, telah dilaksanakan seminar pemaparan konsep Quality Management System dan ISO 9001:2015 oleh Bapak Dr Martinus Tukiran, ST., MT. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta yang merupakan perwakilan dari Direktorat Pengawasan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia. Seminar yang dibuka oleh Direktur Ibu Dra Frida Tri hadiati, Apt., ini berjalan dengan sangat interaktif serta mendapatkan partisipasi penuh oleh peserta. Seminar ini bertujuan agar para peserta memahami dan mempersiapkan diri akan rencana re-sertifikasi ISO 9001:2015 yang telah terbit per 15 September 2015 oleh IOS (International Organization for Standarization). Adapun sebelumnya BPOM RI telah lulus sertifikasi ISO 9001:2008.

 

Organizational Performance Evaluation Workshop – Kementerian Perdagangan RI | Jakarta, 8 Desember 2015

events cpj 01

Magna Transforma Consulting Group bekerjasama dengan AIPEG (Australia Indonesia Partnership for Economic Governance) mendapat kepercayaan untuk membantu penyusunan Model Evaluasi Kinerja Organisasi di Kementerian Perdagangan. Bertempat di Pusdiklat Kementerian Perdagangan, acara workshop ini merupakan bagian dari rangkaian diskusi dan partisipasi perwakilan dari seluruh bagian di Kementerian Perdagangan. Workshop ini bertujuan agar setiap peserta memahami konsep kinerja organisasi, memahami model-model evaluasi kinerja organisasi, memahami metode evaluasi kinerja organisasi dan memiliki wawasan untuk merencanakan dan mengembangkan model evaluasi kinerja organisasi di Kementerian Perdagangan. Para peserta mengikuti seluruh rangkaian workshop ini dengan perhatian penuh, yang ditunjukkan dengan keaktifan mereka dalam bertanya, berdiskusi dan memberi masukan akan draft model evaluasi kinerja organisasi yang telah disusun sebelumnya.

 

Workshop Leadership for Manager - Balai POM di Palangkaraya | Palangkaraya, 7 Desember 2015

events cpj 01

Workshop Leadership for Manager diselenggarakan di aula Balai POM di Palangkaraya. Workshop yang diikuti oleh 30 peserta ini berlangsung meriah dan penuh semangat. Workshop ini juga diikuti oleh kepala Balai POM di Palangkaraya, Dra.Trikoranti Mustikawati, Apt.
Dalam workshop ini dibahas hal-hal terkait konsep kepemimpinan, memahami karakter dan kepribadian orang lain, serta pentingnya membangun visi pribadi dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Dengan berbagai simulasi, contoh, dan latihan, para peserta diharapkan memiliki wawasan yang cukup untuk mampu menerapkan kepemimpinan yang hebat dalam menjalankan tugas sehari-hari.

 

Workshop ISO 9001:2015 dan Budaya Organisasi Badan POM - Balai POM di Jambi | Jambi, 30 November – 1 Desember 2015

events cpj 01

Bertempat di aula Balai POM di Jambi, diselenggarakan workshop ISO 9001:2015 dan Budaya Organisasi Badan POM. Workshop yang berlangsung meriah dan penuh semangat ini diikuti oleh 36 peserta. Dalam workshop ini dibahas hal-hal baru terkait perubahan ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2015. Dengan memahami perubahan persyaratan Standar Internasional ISO 9001 ini, diharapkan peserta akan mampu untuk merencanakan dan melakukan persiapan perubahan Quality Management System (QMS) Badan POM di Balai POM di Jambi khususnya. Workshop ini juga menjadi sarana internalisasi Budaya Organisasi Badan POM, yaitu Profesional, Integritas, Kredibilitas, Kerja sama tim, Inovatif, dan Responsif. Dengan berbagai simulasi, contoh, dan latihan, para peserta diharapkan memiliki wawasan yang cukup untuk mampu menerapkannya dalam menjalankan tugas sehari-hari.

 

Sosialisasi Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Balanced Scorecard – Badan Informasi Geospasial | Bogor, 30 November 2015

events cpj 01

Pengembangan aplikasi manajemen kinerja merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi melalui pembuatan sistem manajemen kinerja organisasi dan individu, yang bertujuan untuk memudahkan dalam menerapkan sistem manajemen kinerja organisasi dan individu dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi.
Dalam rangka mewujudkan komitmen terkait pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Badan Informasi Geospasial, Magna Transforma turut membantu pengembangan serta pendampingan dalam implementasi Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Balanced Scorecard yang terintegrasi, sistem manjemen kinerja sebagai alat untuk mencapai pelaksanaan pemerintahan yang lebih efektif dan efisien melalui reformasi birokrasi. Melalui sistem yang berfungsi untuk mambantu proses pengumpulan dan pengukuran data kinerja Organisasi dan unit kerja didalamnya sampai dengan individu secara real time.

 

Validasi SOP Makro – Kementerian Luar Negeri | Jakarta, 26 November – 4 Desember 2015

events kemlu

Bertempat di hotel Gren Alia Prapatan, Magna Transforma Consulting Gorup bersama dengan Kementerian Luar Negeri melangsungkan kegiatan validasi SOP Makro. Kegiatan ini bertujuan untuk memvalidasi draft SOP Makro yang sudah dibuat oleh konsultan kepada pihak Kementerian Luar Negeri. Validasi ini bertujuan untuk memastikan alur SOP sudah tepat dan sesuai dengan cross functional map yang sudah diplenokan dalam rapat pleno proses bisnis. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari satuan kerja (satker) yang terlibat di lingkungan Kementerian Luar Negeri. Untuk melakukan validasi SOP Makro, peserta melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan pleno untuk mendiskusikan SOP tersebut. SOP Makro ini nantinya akan menjadi acuan dalam pembuatan SOP Mikro di kemudian hari.

 

FGD Penyusunan Peta Bisnis Proses Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara | Jakarta, 13 November 2015

events cpj 01

Bertempat di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi diadakan Focus Group Discusion terkait Penyusunan Peta Bisnis Proses Kementerian. Dalam kegiatan tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi selaku tuan rumah mengundang beberapa Kementerian yang telah melaksanakan penyusunan peta bisnis proses. Hadir diantaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Badan POM yang pada kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber. Magna Transforma turut terlibat membantu beberapa kementerian dalam menyusun Peta Bisnis Proses. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Magna Transforma yang telah membantu Kementerian-kementerian tersebut dalam menyusun Bisnis Proses Kementeriannya dan berharap Magna Transforma dapat membantu Kementerian-kementerian lain yang saat ini belum menyusun Bisnis Proses Kementeriannya sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Presiden No. 7 Tahun 2015.

 

Diskusi penyusunan model Evaluasi Kinerja Organisasi Kementerian Perdagangan | Jakarta, 5 November 2015

events cpj 01

Bertempat di Kementerian Perdagangan, dilakukan diskusi penyusunan model Evaluasi Kinerja Organisasi Kementerian Perdagangan. PT. Magna Transforma hadir dalam diskusi ini sebagai konsultan dan narasumber dalam kegiatan ini. Diskusi ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan dalam rangka mengevaluasi kinerja organisasinya.
Model Evaluasi Kinerja Organisasi yang akan dikembangkan, mengadopsi model-model evaluasi kinerja organisasi yang sudah ada dengan dilakukan penambahan beberapa aspek agar dapat sesuaikan dengan kondisi organisasi pemerintahan. Rencananya model Evalusi Kinerja dan Organisasi akan diselesaikan pada akhir tahun ini untuk selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan evaluasi kinerja organisasi diseluruh satker di Lingkungan Kementerian Perdagangan.di tahun depan.

 

Penyusunan Individual Scorecard – PT. Tata Logam Lestari | Cikarang, 5 November 2015

events cpj 01

Bertempat di pabrik Tata Logam Lestari, Cikarang, diadakan pertemuan untuk membahas pembobotan terkait Individual Scorecard (ISC) Pabrik Cikarang yang telah dibuat draft sebelumnya. Pertemuan dihadiri oleh Kepala Produksi, QC, Maintenance, serta Warehouse ini berlangsung diawali dengan penjelasan singkat mengenai “aturan main” dalam pembobotan ISC oleh project leader Tata Logam Lestari serta mengulas lagi dasar pemilihan KPI oleh Konsultan. Diskusi pembobotan ISC dimulai dari Divisi Produksi, dilanjutkan dengan Divisi Quality Control, kemudian Divisi Maintenance, Divisi Warehouse, dan terakhir membahas pembobotan ISC Human Resource untuk pabrik. Diskusi mencapai kesepakatan walaupun terjadi banyak perdebatan mengenai KPI mana yang harus dibobotkan yang akan berpengaruh pada rapor masing-masing individu.

 

Rapat Pleno Penyusunan Peta Lintas Fungsi – Badan POM RI | Jakarta, 3 – 4 November 2015

events cpj 01

Rapat Pleno ini dilakukan dalam rangka pembahasan Peta Lintas Fungsi atau Cross Functional Map (CFM) dari keseluruhan proses yang ada di (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) BPOM RI. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh unit Kerja yang terlibat dalam proses yang ada di BPOM RI. Dr. Martinus Tukiran bersama dengan tim konsultan bertindak sebagai narasumber dan fasilitator pada Rapat Pleno ini, sehingga dapat dihasilkan kesepakatan bersama atas Cross Functional Map atau peta lintas fungsi yang ada pada masing-masing proses yang ada di Badan POM RI. Rapat Pleno ini membahas peta lintas fungsi sebuah proses yang disepakati bersama oleh setiap pelaku / pelaksana kegiatan, yang pada tahun depan akan diteruskan dengan tahapan penyusunan SOP Makro yang mengatur hubungan kegiatan antar unit kerja di lingkungan Badan POM RI.

 

Manajerial Leadership Grade V – PT. Pupuk Kalimantan Timur | Bontang, 19 – 26 Oktober 2015

events cpj 01

Bersama PT Pupuk Kaltim, Magna Transforma Consulting Group kembali dipercaya untuk memfasilitasi Manajerial Leadership (Building The Fundamental Attitude & Behaviour of True Leader) Grade V. Program pelatihan dan latihan (diklat) ini bertempat di Gedung Pusdiklat Pupuk Kaltim, Bontang selama delapan hari dimana pada lima hari pertama, tim fasilitator Magna Transforma melakukan pemaparan materi diantaranya Konsep Bisnis, Kepemimpinan dan Manajemen, Visioning Management, Eksekusi Strategi, Pengukuran Kinerja, Understanding Personality, People Management, Coaching and Counseling, POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controlling), Service Excellence, dan Presentation Skill.
Pada dua hari berikutnya para peserta mengerjakan tugas akhir sebagai penerapan program diklat ini dengan mendapatkan bimbingan dari tim narasumber lalu pada satu hari kemudian, para peserta mempresentasikan tugas akhir tersebut. Para peserta mengikuti seluruh rangkaian aktivitas program diklat ini dengan perhatian dan partisipasi penuh, yang ditunjukkan dengan keaktifan mereka dalam bertanya dan keseriusan berdiskusi serta presentasi.

 

Job Description Development – Auto Rotary Bintaro | Jakarta, 21 Oktober 2015

events cpj 01

Rotary Bintaro merupakan sebuah bengkel yang khusus melayani service AC mobil. Rotary Bintaro ini terletak di Jalan Veteran Bintaro dan saat ini akan membuka cabang di daerah Petukangan, Ciledug. Rotary Bintaro memiliki induk perusahaan yang dikenal dengan PT Sarana Otomotif Nusantara (SON). Sparepart bengkel yang dimiliki Rotary Bintaro diperoleh dari PT. SON.
Penyusunan job description ini dilakukan di Bengkel dan kantor Rotary Bintaro. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun job description mengenai jabatan-jabatan yang ada di Rotary Bintaro. Penyusunan job description ini dilakukan dengan cara interview oleh tim konsultan kepada para pegawai Rotary Bintaro sebagai narasumber.
Sebuah perusahaan sudah selazimnya memiliki job description untuk jabatan-jabatan yang dimilikinya. Job description merupakan uraian tugas dan tanggung jawab yang dimiliki suatu jabatan. Ini berfungsi untuk membedakan dan membagi tugas dan tanggung jawab satu jabatan dengan jabatan lainnya. Job description juga menggambarkan posisi suatu jabatan dalam struktur organisasi sebuah perusahaan. Job description tidak hanya menggambarkan hubungan dengan pihak internal, tetapi juga dengan pihak eksternal.

 

Working Instruction Development – PT. Mowilex Indonesia | Jakarta, 20 Oktober 2015

events cpj 01

Workshop working instruction ini dilakukan di kantor PT. Mowilex Indoneisa. Workshop dihadiri oleh seluruh management dan perwakilan setiap divisi di PT. Mowilex. Working Instruction (WI) atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan instruksi kerja merupakan sebuah dokumen yang menjelaskan mengenai langkah-langkah kerja yang harus dilakukan di dalam satu departemen. Working instruction muncul dari adanya sebuah SOP. Working instruction tidak dapat hadir tanpa adanya SOP yang menjadi induknya. Selain itu, sebuah SOP dapat menghasilkan beberapa working instruction dan tidak semua SOP perlu menghasilkan working instruction. Hal yang perlu diperhatikan yaitu working instruction hanya meliputi satu departemen saja. Workshop ini diharapkan dapat memberikan pengertian dan pemahaman kepada karyawan PT. Mowilex dalam menyusun sebuah working instruction. Dengan kata lain, working instruction disusun setelah adanya SOP. Working instruction merupakan tahap lanjutan setelah SOP.

 

Individual Scorecard Development – PT. Tata Logam Lestari | Jakarta, 16 Oktober 2015

events cpj 01

Bertempat di kantor utama PT. Tata Logam Lestari dilakukan pertemuan untuk mengawali kegiatan Individual Scorecard Development sebagai kelanjutan dari Balanced Scorecard Development yang telah dimulai sejak awal tahun 2015. Pertemuan ini dihadiri oleh jajaran PT. Tata Logam Lestari beserta Dr. Martinus Tukiran dan tim konsultan Magna Transforma. Pertemuan ini diawali dengan presentasi tim konsultan Magna Transforma. Presentasi ini bertujuan untuk mengenalkan Individual Scorecard sebagai kegiatan menentukan raport kinerja setiap karyawan. Tim konsultan juga menjelaskan alternatif-alternatif dan penjelasan kategorinya serta kelebihan kekurangan pada setiap alternatif yang nantinya akan dipilih untuk penilaian polarisasi maximize dan minimize dalam raport setiap karyawan PT. Tata Logam Lestari. Di akhir pertemuan, head officer PT. Tata Logam bertugas membuat kesepakatan dalam menentukan kriteria umum, kriteria bobot (untuk aspek finansial, pelanggan, internal proses, serta pembelajaran dan pertumbuhan per level jabatan), serta ukuran KPI dan penilaian atasan yang sebelumnya telah dibuatkan draftnya oleh tim konsultan Magna Transforma.

 

Rapat Pleno Peta Bisnis Proses - Kementerian Luar Negeri | Bandung, 8 - 9 Oktober 2015

events cpj 01

Bertempat di Hotel Savoy Homann, Bandung, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melaksanakan Rapat Pleno Peta Bisnis Proses Kementerian. Rapat Pleno ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Eselon II yang ada di lingkungan Kementerian Luar Negeri. Bertindak sebagai narasumber dan fasilitator, yaitu Dr. Martinus Tukiran beserta tim konsultan Magna Transforma. Hasil pleno ini adalah kesepakatan proses bisnis yang digambarkan dalam peta bisnis proses, peta relasi, dan juga peta lintas fungsi yang ada di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Setelah selesainya penyusunan bisnis proses ini, maka pada tahap selanjutnya akan dilakukan penyusunan SOP Makro yang mengatur hubungan tatalaksana antar unit kerja di lingkungan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang efektif dan efisien.

 

Penyusunan Peta Lintas Fungsi - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI | Jakarta, 5 Oktober 2015

events cpj 01

Bersama dengan Magna Transforma, BPOM RI melakukan penyusunan peta lintas fungsi atau Cross Functional Map (CFM) untuk memenuhi persyaratan peraturan Reformasi Birokrasi yang dikeluarkan oleh KEMENPAN RB terkait dengan Tata Laksana Kementerian. Kegiatan penyusunan Cross Functional Map (CFM) dilakukan dalam sebuah forum diskusi yang diikuti oleh seluruh unit kerja yang terkait pada proses yang ada di BPOM RI. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan dan paparan singkat terkait dengan metode yang digunakan, selanjutnya peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang bertugas untuk membuat Cross Functional Map (CFM) dari setiap rangkaian aktivitas yang dijalankan di BPOM RI dengan didampingi oleh tim konsultan dari Magna Transforma. Diakhir kegiatan, seluruh kelompok wajib mempresentasikan Cross Functional Map (CFM) yang telah dibuat. Dimana pada saat presentasi ini, seluruh unit Kerja yang terkait secara aktif memberikan masukan dan mengkritisi Cross Functional Map (CFM) yang dipaparkan.

 

Penyusunan dan Pengembangan Peta Bisnis Proses – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral | Bogor, 30 September – 2 Oktober 2015

events cpj 01

Berlokasi di Hotel Padjajaran Suite, diselenggarakan kegiatan penyusunan dan pengembangan Peta Bisnis Proses di lingkup Kementerian ESDM. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Sekretaris Jenderal ESDM dan seluruh unit kerja di kementerian ESDM. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan Narasumber Dr. Martinus Tukiran, dan tim konsultan Magna Transforma. Kegiatan hari pertama merupakan kalibrasi pengertian dan pemahaman dari semua peserta sebagai bekal dalam pembuatan peta bisnis proses melalui games dan mengerjakan kasus secara berkelompok serta proses teknik pengembangan berpikir para peserta ESDM. Diakhir acara pada hari pertama, seluruh peserta yang dibagi dalam kelompok-kelompok kecil didampingi oleh konsultan membentuk draft peta bisnis proses untuk dibahas pada kegiatan di hari kedua. Di hari kedua, dilanjutkan pembahasan mengenai peta bisnis proses dari kelompok yang telah dibuat sebelumnya beserta peta sub bisnis proses di ESDM yang akan dibahas di hari ketiga. Dan pada hari ketiga dilakukan pembahasan mengenai peta sub bisnis proses yang telah dikerjakan di hari kedua beserta contoh pembuatan peta lintas fungsi CFM ESDM 01.04 tentang Penyusunan Peraturan/ Keputusan Menteri/ Surat Edaran Menteri di kementerian ESDM. Kegiatan selama 3 hari tersebut menghasilkan draft Peta Bisnis Proses Kementerian ESDM yang terdiri dari 16 peta bisnis proses dengan 5 Proses Utama, 6 Proses Pendukung, dan 5 Proses Sumber Daya, draft Peta Sub Proses Kementerian ESDM yang berjumlah 91 Sub Proses, dan draft Peta Relasi antar unit kerja dalam Kementerian serta contoh peta lintas fungsi dari ESDM 01.04 tentang Penyusunan Peraturan / Keputusan Menteri / Surat Edaran Menteri.

 

Pleno Penyusunan Peta Bisnis Proses – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | Jakarta, 30 September 2015

events cpj 01

Rapat pleno peta proses bisnis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini berlangsung di Hotel Atlet Century Jakarta, dan dihadiri oleh jajaran Eselon II serta Satuan Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pleno ini difasilitasi oleh tim konsultan Magna Transforma. Tujuan dari pleno ini untuk memberikan validasi draft peta bisnis proses Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dirumuskan sebelumnya. Kegiatan ini tidak hanya membahas mengenai Peta Bisnis proses, namun juga dilakukan pembahasan mengenai peta keterhubungan dan peta subproses. Peta bisnis proses menggambarkan proses-proses yang dilakukan dalam Kementrian Pendidikan Kebudayaan. Dari peta bisnis proses yang sudah ada ini kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Peta Keterhubungan dan Peta Subproses. Peta Keterhubungan menggambarkan hubungan antara suatu proses dengan pihak-pihak yang terkait dalam proses tersebut. Sedangkan, peta subproses bertujuan untuk menggambarkan proses-proses yang lebih spesifik dalam suatu proses. Peta bisnis proses merupakan langkah awal dalam tahap penyusunan SOP Makro dan SOP Mikro.

 

Standard Operating Procedure (SOP) Development – PT. Mowilex Indonesia | Jakarta, 29 September 2015

events cpj 01

Bertempat di PT. Mowilex Indonesia, dilakukan pertemuan terkait Standard Operating Procedure (SOP) Development. Pada kesempatan ini dilakukan pembahasan SOP untuk Proses Produksi dan Proses Inventory. Dalam pertemuan ini dihadiri beberapa departemen, seperti Departemen Produksi, Departemen PPC Warehouse, dan Departemen QC. Pembahasan yang dilakukan berlangsung interaktif, dan diharapkan dengan SOP yang saat ini sedang dibangun mampu memperlancar seluruh proses kegiatan di PT. Mowilex Indonesia.

 

 

Workshop Penyusunan Peta Lintas Fungsi – Kementerian Sosial RI | Jakarta, 15 – 17 September 2015

events cpj 01

Kegiatan yang bertempat di gedung kementerian sosial RI ini difasilitasi oleh tim konsultan Magna Transforma bersama dengan jajaran pejabat eselon II dan eselon III kementerian Sosial, kegiatan ini bertujuan menentukan peta lintas fungsi yang ada pada kementerian sosial. Tim Magna Trasnforma sebagai fasilitator, memberikan pemahaman serta mengarahkan bagaimana cara membuat peta lintas fungsi yang baik dan benar untuk kementerian Sosial RI. Jajaran pejabat eselon III yang terkait saling memberikan gambaran dan masukan terhadap peta lintas fungsi yang sebenarnya. Melalui kegiatan ini didapatkan peta lintas fungsi yang akurat sesuai antar unit kerja di Kementerian Sosial dengan proses bisnis yang ada pada Kementerian Sosial.

 

Workshop Penyusunan Peta Bisnis Proses & Peta Relasi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | Bogor, 7 – 9 September 2015

events cpj 01

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Salak the Heritage Bogor ini difasilitasi oleh Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT. selaku narasumber, dan tim konsultan magna transforma, serta Biro Hukum dan Organisasi Kemendikbud. Peta Bisnis Proses merupakan rangkaian beberapa proses yang dilakukan di Kemendikbud. Proses tersebut terbagi atas tiga bagian. Pertama, proses utama adalah proses yang menjadi tugas utama dan prioritas dalam kegiatan di Kemendikbud. Proses utama ini juga mempengaruhi hubungan internal dan eksternal kemendikbud. Kedua, proses pendukung adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk mendukung kegiatan dalam proses utama. Ketiga, proses sumberdaya adalah serangkaian kegiatan pengelolaan sumber daya yang mendukung seluruh kegiatan di Kemendikbud. Detail kegiatan dalam peta bisnis proses akan diuraikan lebih rinci yang kemudian dikenal dengan sebutan peta subbisnis proses. Sedangkan, peta relasi adalah peta yang menjelaskan keterkaitan beberapa pihak dalam melakukan suatu proses. Penyusunan Peta Bisnis Proses Kemendikbud akan membantu pihak Kemendikbud dalam memahami proses kegiatan dalam Kemendikbud itu sendiri. Sedangkan, peta relasi memperlihatkan pihak mana saja yang terlibat dalam melakukan suatu proses tertentu di Kemendikbud tersebut. Peta Bisnis Proses dan Peta Relasi ini selanjutnya dapat digunakan dalam pembuatan Peta lintas fungsi (Cross Functional Map) dan Standard Operational Procedure (SOP).

 

Diklat Manajerial Leadership Grade III – PT Pupuk Kalimantan Timur | Bontang, 24 – 31 Agustus 2015

events cpj 01

Magna Transforma Consulting Group bersama dengan PT. Pupuk Kalimantan Timur bekerja sama dalam penyelenggaraan diklat Manajerial Leadership Grade III bertempat di Gedung Pusdiklat PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang, Kalimantan Timur. Pada program diklat ini, Dr. Martinus Tukiran, MT, Dr. Widodo Sunaryo, MBA, beserta tim trainer Magna Transforma bertindak sebagai narasumber. Pada program diklat ini, kegiatan berlangsung selama 8 (delapan) hari, dimana kegiatan dibagi menjadi 5 (lima) hari paparan materi oleh narasumber, 2 (dua) hari kegiatan bimbingan pembuatan rencana penerapan pelatihan dan 1 (satu) hari paparan makalah yang sudah dibuat oleh seluruh peserta. Seluruh peserta berpartisipasi secara aktif dan antusias dalam menerima dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber, serta melakukan perencanaan penerapan pelatihan dengan sangat baik.

 

Validasi Peta Bisnis Proses – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman | Jakarta, 19 Agustus 2015

events cpj 01

Bertempat di Ruang Rapat Hotel Akmani diadakan Focus Group Discussion (FGD) Validasi Peta Bisnis Proses lingkup Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pejabat setingkat esselon 1 dan 2 serta beberapa perwakilan satker dilingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman, Drs. Asep D Muhammad. Dalam acara tersebut hadir sebagai Narasumber utama, Dr. Martinus Tukiran, ST. MT, yang menjelaskan tentang Alur Government Bussines Process. Hadir pula selaku narasumber, Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketatalaksanaan, Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi, Adrinal Tanjung, yang berbicara mengenai Permenpan tentang penyusunan bisnis proses pemerintahan. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari workshop yang diadakan seminggu sebelumnya yang telah berhasil menyusun Draft Peta Bisnis Proses Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan pada kegiatan ini, seluruh peserta telah menyepakati agar Draft Peta Bisnis Proses tersebut untuk segera ditindaklanjuti dengan penyusunan Peta Sub Process yang nantinya akan dijadikan acuan bagi penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

 

Workshop Penyusunan Peta Bisnis Proses – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman | Jakarta, 11-12 Agustus 2015

events cpj 01

Kegiatan yang bertempat di Ruang Rapat Komisi Gedung 2 BPPT ini, dihadiri oleh perwakilan dari Biro Perencanaan, Biro Informasi dan Hukum, Biro Umum, Inspektorat, Deputi I, Deputi II, Deputi III, Deputi IV, dan Sekretariat. Kegiatan ini dipimpin oleh Sesmenko Bidang Kemaritiman dengan Narasumber Dr. Martinus Tukiran, dan tim konsultan Magna Transforma. Pada kegiatan hari pertama dilakukan kalibrasi pengertian dan pemahaman dari seluruh peserta sebagai bekal dalam pembuatan peta bisnis proses, selanjutnya seluruh peserta yang dibagi dalam kelompok-kelompok kecil didampingi oleh tim konsultan membentuk draft peta bisnis proses. Pada kegiatan hari kedua, dilanjutkan pembahasan terkait peta bisnis proses dari kelompok-kelompok yang telah dibentuk sebelumnya. Workshop selama 2 hari ini menghasilkan draft Peta Bisnis Proses Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang terdiri dari 12 proses bisnis dengan 6 Proses Utama, 3 Proses Pendukung, dan 3 Proses Sumber Daya, draft Peta Sub Proses Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang berjumlah 52 Sub Proses, serta draft Peta Relasi antar unit kerja dalam Kementerian.

 

Workshop Penyusunan Peta Lintas Fungsi – Kementerian Luar Negeri RI | Bogor, 6-7 Agustus 2015

events cpj 01

Workshop yang berlangsung di Gedung Pusdiklat Kementerian Luar Negeri Cipayung Bogor ini dihadiri oleh beberapa wakil unit kerja terkait, dan dipandu oleh Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT beserta tim konsultan Magna Transforma. Workshop di hari pertama melanjutkan penyusunan peta lintas fungsi atau CFM (Cross Functional Map) dari workshop sebelumnya untuk proses Ministry of Foreign Affairs (MOFA) 05 (Layanan Keprotokolan, Fasilitas Diplomatik, dan Keamanan Diplomatik) serta secara paralel membuat CFM untuk MOFA 06 (Pengelolaan Komunikasi dan Sistem Informasi Manajemen) dan draft CFM untuk MOFA 7 (Pelayanan Informasi dan Media). Workshop hari kedua merupakan pleno dari semua draft CFM untuk proses MOFA 07 yang telah dibuat dihari sebelumnya. Workshop yang berlangsung selama 2 hari ini berlangsung efektif dan produktif sejak pagi hingga sore hari, sehingga penyusunan peta lintas fungsi untuk proses MOFA 05, MOFA 06 dan MOFA 07 dapat terselesaikan.

 

Alignment Cascading Balanced Scorecard Workshop – PT. Tata Logam Lestari | Jakarta, 3 Agustus 2015

events cpj 01

Workshop yang dipandu oleh Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT. ini menjelaskan mengenai penerapan BSC dalam suatu perusahaan. Metode BSC merumuskan Key Performance Indicator pada tingkat corporate perusahaan yang kemudian diturunkan kepada masing-masing divisi/departemen. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tahap awal dalam perumusan BSC pada PT. Tata Logam Lestari. PT. Tata Logam Lestari merupakan produsen genteng metal satu-satunya di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008. Workshop Alignment Cascading BSC ini bertujuan untuk merumuskan BSC pada tingkat di bawah corporate, dalam hal ini yaitu pada tingkat cabang perusahaan. Key Performace Indicator yang dirumuskan ini mengacu kepada visi dan misi PT. Tata Logam Lestari. BSC menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mewujudkan strategi perusahaan menjadi suatu tindakan nyata operasional perusahaan. Workshop ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.

 
 

Workshop Penyusunan Peta Lintas Fungsi – Kementerian Luar Negeri RI | Jakarta, 29 - 30 Juli 2015

events cpj 01

Bertempat di Gedung Kementerian Luar Negeri RI diadakan Workshop terkait penyusunan peta lintas fungsi (Cross Functional Map) untuk Proses MOFA 4 (Ministry of Foreign Affairs). Pertemuan yang dipandu oleh Dr. Martinus Tukiran serta tim konsultan Magna Transforma ini dihadiri oleh unit-unit atau satuan kerja dari Kementerian Luar Negeri RI yang memiliki peran penting dalam Proses MOFA 4. Proses MOFA 4 merupakan Proses Layanan Kekonsuleran dan Perlindungan WNI/ BHI. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan terkait beberapa perubahan dari subproses yang telah ditentukan sebelumnya.

 

 

Rapat Pleno SOP Development – PT. Komet Infra Nusantara (KIN) | Jakarta, 9 Juli 2015

events cpj 01

Bertempat di Gedung Lippo Kuningan lantai 15, PT. Komet Infra Nusantara menyelenggarakan Rapat Pleno untuk membahas SOP perusahaan. Pertemuan ini dihadiri oleh tim konsultan Magna Transforma. Pembahasan yang dilakukan pada rapat pleno ini meliputi beberapa proses yang ada pada PT. Komet Infra Nusantara, yaitu legal advisor, business development, maintenance operation, purchasing, serta inventory management.

 



 

Rapat Pleno Peta Lintas Fungsi - PT Astari Niagara | Tangerang, 8-9 Juli 2015

events cpj 01

PT Astari Niagara menyelenggarakan rapat pleno untuk melihat kembali hasil pembahasan dari keseluruhan peta lintas fungsi. Rapat Pleno ini dihadiri Tim Konsultan Magna Transforma, Jajaran Direksi, serta diikuti oleh seluruh PIC masing-masing departemen. Jumlah peta lintas fungsi yang dimiliki oleh PT Astari Niagara berjumlah 83 peta lintas fungsi yang terdapat pada 13 Proses besar. Pada rapat Pleno yang berlangsung selama 2 hari ini setiap PIC menjelaskan secara garis besar mengenai alur proses yang telah disepakati sebelumnya oleh departemen-departemen yang terlibat. Rapat pleno ini dilakukan untuk memberi pemahaman kepada seluruh PIC seluruh departemen yang ada agar memahami keseluruhan proses yang dimiliki oleh PT Astari Niagara.

 

Workshop Penyusunan Proses Bisnis - Kementerian Luar Negeri | Bogor, 2-3 Juli 2015

events cpj 01

Workshop terkait MOFA 02 dan MOFA 03 yang berlangsung selama dua hari ini, dihadiri oleh wakil unit kerja terkait dan difasilitasi oleh Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT. beserta tim konsultan Magna Transforma. MOFA (Ministry of Foreign Affairs) 02 merupakan Pengelolaan Diplomasi dan Kerjasama Internasional dan MOFA 03 merupakan Perumusan Kebijakan Luar Negeri. Workshop yang berlangsung selama 2 hari ini membuat peta lintas fungsi (Cross Functional Map) proses pengelolaan diplomasi kerjasama internasional dan proses perumusan kebijakan luar negeri.

 

 

Penyusunan Peta Lintas Fungsi - Kementerian Luar Negeri RI | Bogor, 24 -25 Juni 2015

events cpj 01

Workshop Penyusunan Peta Lintas Fungsi untuk Proses Pengelolaan Instrumen Hukum & Perjanjian Internasional, Pengelolaan Layanan Hukum, serta Administrasi dan Sarana Prasarana ini diadakan di Gedung Pusdiklat Kementerian Luar Negeri Cipayung Bogor. Dihadiri oleh beberapa wakil unit kerja terkait dan difasilitasi oleh Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT. selaku konsultan senior Magna Transforma. Dalam workshop kali ini konsultan memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara menyusun peta lintas fungsi. Peta Lintas fungsi yang dibuat nantinya menjadi dasar dalam pembuatan SOP dan pada kesempatan ini, terdapat 13 (tiga belas) sub process yang akan digambarkan peta lintas fungsinya. Melalui workshop ini, diharapkan mampu menghasilkan peta lintas fungsi yang menggambarkan secara jelas proses di Kementerian Luar Negeri RI khususnya pada Proses Pengelolaan Instrumen Hukum & Perjanjian Internasional dan Pengelolaan Layanan Hukum, Administrasi dan Sarana Prasarana.

 

Business Process Fine Tuning – Kementerian Luar Negeri RI | Jakarta, 18 Juni 2015

events cpj 01

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bersama dengan Magna transforma menyelenggarakan kegiatan fine tuning terkait Business Process Map (peta tata laksana) yang ada. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal, Jajaran Staf Ahli, Para Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Bertindak sebagai narasumber adalah Dr. Martinus Tukiran, ST., MT., yang menjelaskan kepada peserta mengenai proses pembentukan Business Process Map yang telah dilakukan sebelumnya oleh Tim Pokja dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Pusdiklat Kementerian Luar Negeri, Cipayung-Bogor, tanggal 3-4 Juni 2015. Pada acara fine tuning tersebut juga dilakukan diskusi untuk meminta masukan, saran ataupun perbaikan terkait dengan Business Process Map Kementerian Luar Negeri yang telah terbentuk. Acara pun ditutup dengan adanya konsensus terkait Business Process Map yang ada di Kementerian Luar Negeri yang akan dijadikan dasar dalam pembuatan SOP Makro dan Mikro.

 

Cascading Balanced Scorecard – PT. Tata Logam Lestari | Cikarang, 16 Juni 2015

events cpj 01

Berlokasi di salah satu pabrik yang dimiliki oleh PT. Tata Logam Lestari, di Cikarang dilakukan pertemuan terkait kegiatan Cascading Balanced Scorecard PT. Tata Loga Lestari. Pertemuan dihadiri oleh tim konsultan Magna Transforma, jajaran kepala divisi dan perwakilan dari masing-masing divisi. Divisi yang hadir pada pertemuan ini berasal dari divisi produksi, divisi quality control, divisi maintenance & research and development, serta Divisi warehouse. Kegiatan cascading ini bertujuan untuk melakukan pembahasan mengenai Key Performance Indicator (KPI) serta initiatives yang akan berpengaruh kepada action plan, untuk mencapai tujuan peta strategi yang telah disusun sebelumnya.

 

Balanced Scorecard Alignment – PT. Anugerah Tangkas Transportindo | Jakarta, 11 Juni 2015

events cpj 01

Berlokasi di Grand Slipi Tower diselenggarakan kegiatan Alignment terkait Project Balanced Scorecard terhadap seluruh departemen yang ada pada PT. Anugerah Tangkas Transportindo (ATT). PT. ATT merupakan perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Pertemuan ini dihadiri oleh Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT., serta tim konsultan Magna Transforma serta Departemen Sales, Customer Service, Operational Air Freight, Operational Custom, Operational Ocean Custom Export, Operational Ocean Custom Import, Finance and Accounting, dan Departemen HRD GA, IT. Alignment ini membahas mengenai matriks alignment vertical dan horizontal yang telah disusun bersama tim konsultan Magna Transforma sebelumnya.

 

Rapat Pleno Standard Operating Procedure Development – PT Komet Infra Nusantara | Jakarta, 10 Juni 2015

events cpj 01

Bertempat di Lippo Kuningan lantai 15 diselenggarakan Rapat Pleno Pertama untuk membahas SOP PT. Komet Infra Nusantara (PT. KIN). Rapat pleno yang didampingi oleh Tim Konsultan dari PT. Magna Transforma Utama ini merupakan kesempatan bagi para Kepala Departemen untuk mempresentasikan SOP yang merupakan tanggung jawab departemennya kepada Perwakilan Komisaris dan beberapa Kepala Departemen lain dari PT. Komet Infra Nusantara (PT. KIN). SOP yang dibahas pada rapat pleno pertama ini merupakan SOP dari proses Order Handling, Merger & Acquisition, Project Implementation, serta Quality Assurance. Terjadi beberapa perubahan dan perbaikan untuk menyempurnakan SOP – SOP tersebut.

 

Business Process & SOP Development Workshop – Lembaga Administrasi Negara | Jakarta, 5 Juni 2015

events cpj 01

Magna Transforma kembali melakukan workshop di Lembaga Administrasi Negara, untuk menindak lanjuti workshop sebelumnya dengan topik pembahasan Busines Process & SOP Development. Pada kesempatan kali ini, Dr. Martinus Tukiran, ST. MM, selaku narasumber membahas lebih detail Peta Lintas Fungsi (CFM) dari 12 Proses yang ada. Setiap perwakilan dari pelaku proses mempresentasikan proses kegitan yang berlangsung di Lembaga Administrasi Negara. Peserta workshop pada kali ini diikuti kurang lebih 30 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap unit kerja yang ada di Lembaga Administrasi Negara. Kegiatan workshop ini akan berlanjut ke kegiatan fine tuning untuk membahas lebih detail dari setiap proses yang ada.

 

Pelatihan Administrator Cabang aplikasi Balanced Scorecard Software - Bank Sumut | Medan, 3 - 5 Juni 2015

events cpj 01

Pelatihan Administrator Cabang untuk Balanced Scorecard Software ini diikuti oleh tim counterpart, dan calon administrator Kantor Cabang, serta perwakilannya.
Pelatihan ini dilatar belakanggi oleh adanya penerapan Balanced Scorecard dengan menggunakan software di Bank Sumut yang sedang dipersiapkan dan memerlukan proses pengisian data ke aplikasi di level cabang, serta koordinasi data yang lebih baik antara Administrator di Pusat dengan Administrator di Kantor Cabang. Penggunaan aplikasi BSC Software adalah untuk mendukung proses BSC sendiri, melalui sistem otomasi yang memudahkan pengguna dalam proses analisa guna pengambilan keputusan, pelaporan, serta manajemen data yang lebih baik.
Untuk menjalankan peran sebagai administrator di Kantor Cabang, setiap administrator nantinya wajib memahami perihal Balanced Scorecard, tujuan Balanced Scorecard, memperoleh pemahaman yang baik perihal bagaimana visi dan misi perusahaan dapat terdukung dari sasaran objective yang ada, jenis-jenis KPI, fungsi SIMO di Bank Sumut serta bagaimana mengoperasikan system sebagai administrator cabang.
Melalui pelatihan yang disampaikan oleh Fahmi Samsul Huda dan Ivania Christie, diharapkan dapat membantu para peserta dalam meningkatkan pemahaman secara mendasar terhadap Balanced Scorecard, dilengkapi tujuannya, contoh penerapan manfaat BSC, peta strategy dan masing-masing perspective; KPI dan penggunaannya; fungsi SIMO di Bank Sumut; juga bagaimana mengisi actual KPI ke dalam aplikasi, dan memahami fungsi-fungsi yang ada pada modul aplikasi dan menggunakannya secara tepat sebagai administrator cabang; sehingga dapat menggunakan aplikasi ini (menginput data), serta fungsi operasional harian administrator cabang lainnya, seperti input actual, cara perhitungan nilai index, Strategic Intitiative & action Plan, menggunakan forum.

 

Workshop Business Process dan Sub-process development – Kementerian Luar Negeri RI | Bogor, 3 – 4 Juni 2015

events cpj 01

Berlokasi di Gedung Pusdiklat Kementerian Luar Negeri Cipayung Bogor, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan workshop mengenai Business Process dan Subprocess Development. Workshop ini diikuti oleh beberapa utusan dari Kementerian Luar Negeri serta dua orang konsultan dari Magna Transforma Consulting Group. Selama dua hari, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT., yang bertindak selaku narasumber dari Magna Transforma Consulting Group memberikan pemahaman dan arahan terkait penyusunan business process dan subprocess yang ada di Kementerian Luar Negeri. Adanya peta business process dan subprocess nantinya akan menjadi salah satu dasar bagi Kementerian Luar Negeri untuk menyusun SOP (Standart Operating Procedure) Makro dan Mikro. Diterapkannya SOP di lingkungan Kementerian Luar Negeri diharapkan dapat membuat sistem tatakelola menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem tatakelola yang efektif dan efisien akan mendukung ke arah pencapaian sasaran organisasi, yang pada akhirnya tentu saja akan mengarah pada pencapaian sasaran pembangunan nasional yang telah ditetapkan.

 

Workshop Business Process Mapping & SOP Development - Lembaga Administrasi Negara (LAN) | Jakarta, 20 - 22 Mei 2015

events cpj 01

Workshop mengenai Business Process Mapping & SOP Development ini diikuti oleh beberapa utusan dari LAN, dan Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG), serta tim konsultan dari Magna Transforma Consulting Group ini berlokasi di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta Pusat. Selama tiga hari, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT., yang bertindak selaku narasumber dari Magna Transforma Consulting Group mencoba untuk memberikan pemahaman dan arahan terkait beberapa hal, yaitu: organisasi, perubahan dan strategi; konsep bisnis proses; pemetaan bisnis proses organisasi pemerintahan; metodologi pembuatan SOP berdasarkan bisnis proses; langkah-langkah pembuatan SOP Mikro dan Makro; mekanisme audit; serta keterkaitan SOP dengan Roadmap Reformasi Birokrasi. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan arahan bagi peserta dari LAN untuk membangun peta proses dan SOP dari lembaga itu sendiri. Workshop ini terselenggara atas dukungan dari AIPEG, dimana program ini diselenggaran salah satunya untuk membantu pemerintah Indonesia dalam memperbaiki sistem tatakelola kementerian ataupun lembaga yang ada. Diharapkan dengan adanya dukungan dari sistem tatakelola yang lebih baik, maka kementerian ataupun lembaga dapat mencapai sasaran organisasi sesuai tupoksinya masing-masing, yang pada akhirnya tentu saja akan mengarah pada pencapaian sasaran pembangunan nasional yang telah ditetapkan.

 

Cascading Balanced Scorecard - PT. Anugerah Tangkas Transportindo (ATT) | Jakarta, 20 Mei 2015

events cpj 01

Pada hari Rabu, 20 Mei 2015 bertempat di Gedung Grand Slipi Tower lantai 35, diadakan pertemuan untuk Cascading Balanced Scorecard ke divisi-divisi di PT. Anugrah Tangkas Transportindo (ATT). PT. ATT merupakan perusahaan yang bergerak di bidang logistic. Cascading dimulai pukul 09.30 hingga 17.00 WIB. Pertemuan ini dihadiri oleh 4 konsultan Magna Transforma dan Divisi Sales, Customer Service, Operational Air Freight, Operational Custom, Operational Ocean Custom Export, Operational Ocean Custom Import, Finance and Accounting, serta Divisi HRD GA, IT.

 

Workshop Sosialisasi Standard Operation Procedure (SOP) - PT. Astari Niagara | Jakarta, 13 Mei 2015

events cpj 01Workshop Sosialisasi Implementasi Standard Operation Procedure (SOP) ini diselenggarakan di PT. Astari Niagara, yaitu sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi bingkai foto dari bahan dasar kayu. Produk dari perusahaan ini diperuntukan untuk pasar internasional, seperti Amerika. Bahan baku yang digunakan pun merupakan bahan baku yang diimport langsung dari beberapa Negara.

Workshop ini dibawakan oleh , Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT yang menjelaskan mengenai pentingnya implementasi SOP dalam perusahaan dan bagaimana menjalankannya. Sosialiasi SOP dilakukan sebagai tahap awal dalam melakukan implementasi terhadap SOP yang telah dirumuskan. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran atas perusahaan, seperti Direktur, Asisten Direktur dan para manager. Workshop sosialisasi bertujuan untuk menanamkan kembali nilai-nilai yang diterapkan oleh PT. Astari Niagara yang tertuang dalam visi dan misi Perusahaan. SOP yang telah dirumuskan diserahkan kepada penanggung jawab masing-masing bagian. Review hasil SOP tersebut dapat dilihat melalui hasil audit yang dapat dilakukan dalam periode tertentu. Workshop ini diharapkan dapat membantu mengarahkan perusahaan menjalankan kegiatan bisnis sesuai dengan visi dan misi yang telah ditentukan sehingga menjadi perusahaan yang lebih baik.

 

Focus Group Discussion (FGD) Menuju ISO 9001:2015 - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) | Jakarta, 12 Mei 2015

events cpj 01

FGD ini diadakan sehubungan dengan implementasi Quality Management System (QMS) di BPOM RI. FGD ini dilaksanakan di Kantor Pusat BPOM, Jalan Percetakan Negara No.23, Jakarta, dan dihadiri oleh jajaran Biro Umum serta Biro Perencanaan dan Keuangan BPOM RI. Pada FGD kali ini, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT., selaku narasumber dan konsultan menjelaskan beberapa hal terkait dengan persiapan BPOM RI dalam menghadapi sertifikasi ISO terbaru (ISO 9001:2015). ISO terbaru ini rencananya akan diterbitkan secara internasional pada akhir tahun 2015. Ada beberapa perbedaan antara ISO 9001:2008 yang saat ini diterapkan oleh BPOM dengan ISO 9001:2015 yang akan diterbitkan. Dr. Martinus menjabarkan perbedaan tersebut dari segi konten yang akan menjadi obyek pembahasan, serta hal-hal baru yang ditambahkan dalam ISO 9001-2015. Hal yang mendasar dan harus lebih ditekankan menurut Dr. Martinus adalah terkait dengan perubahan dari pendekatan berbasis dokumentasi ke pendekatan berbasis business process serta penambahan konten manajemen risiko dan manajemen perubahan di ISO 9001-2015.

 

Business Process Analysis - PT. Transportasi Gas Indonesia | Jakarta, 8 Mei 2015

events cpj 01

Magna Transforma Consulting Group melakukan Kick Off meeting mengawali Project Business Process Analysis bersama dengan PT. Transportasi Gas Indonesia, yang berlokasi di PT. Transportasi Gas Indonesia, Jakarta. Kegiatan diawali dengan pembahasan struktur organisasi dan proses bisnis pada PT. Transportasi Gas Indonesia yang diwakili oleh Ibu Indah Pritanti selaku BPRM Departement Manager. Pada pertemuan ini, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT selaku Direktur Magna Transforma Consulting menjelaskan pula metode yang akan digunakan oleh konsultan dalam melakukan review dan pemetaan ulang dari Business Process yang telah dimiliki oleh PT Transportasi Gas Indonesia. Berdasarkan hasil penjelasan dari kedua belah pihak, dihasilkan persetujuan dalam proses pelaksanaan project serta dihasilkan pula kesepakatan mengenai Project Plan dari pemetaan ulang Business Process di PT. Transportasi Gas Indonesia.

 

Pembahasan SOP untuk Proses Distribusi Serta Pembahasan Aspek Finansial - PT. Auto Rotary | Tangerang, 8 Mei 2015

events cpj 01

Bertempat di kantor Auto Rotary Ciledug diadakan pembahasan SOP untuk proses distribusi serta pembahasan aspek finansial. Diskusi pembahasan SOP ini dihadiri oleh BOD dari Auto Rotary bersama dengan perwakilan departemen Human Resource dan departemen Marketing dari Auto Rotary. Diskusi ini melibatkan 2 konsultan dari Magna Transforma untuk membahas financial dan distribusi dari Auto Rotary khususnya untuk kantor di Ciledug. Diskusi yang dimulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB ini berlangsung interaktif antara konsultan dan Auto Rotary terutama BOD Auto Rotary yang memiliki antusiasme tinggi untuk mengembangkan bisnis dan distribusi produk filter mereka.

 

Cascading Strategy Map Administration Department - PT. Tatalogam Lestari | Jakarta, 7 Mei 2015

events cpj 01

Kegiatan cascading peta strategi untuk divisi HRD, GA, dan IT dalam rangka implementasi Balanced Scorecard ini dilakukan di PT. Tatalogam Lestari. Kegiatan ini dihadiri oleh 8 (delapan) orang yang terdiri dari para manajer dan staff dari divisi HRD, GA, dan, IT serta difasilitasi oleh tim konsultan. Dalam kegiatan ini dilakukan pula pembuatan sasaran strategis dan KPI yang menjadi prioritas divisi. Pada saat penyusunan, Konsultan membantu serta mengarahkan PT. Tatalogam Lestari dalam menciptakan peta strategi yang tepat. Kegiatan ini pun berlangsung secara interaktif. Untuk tahapan kegiatan selanjutnya, akan dilakukan cascading untuk divisi Accounting, Invoicing, Internal Audit, SAC, dan QMS pada tanggal 11 Mei 2015.

 

Pembuatan SOP terkait project Sop Development - PT. Komet Infra Nusantara (KIN) | Jakarta, 6 Mei 2015

events cpj 01

Bertempat di Gedung Lippo Kuningan, dilakukan pertemuan terkait kebutuhan Penyusunan Standart Operating Procedure (SOP) untuk PT. KIN. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari departemen engineering, operation maintenance, property, dan procurement serta tim konsultan dari Magna Transforma. Pada pertemuan ini dilakukan diskusi atas beberapa SOP yang diantaranya terkait SOP untuk proses Inventory, Asset Management, Project Implementation, Site Audit, dan Quality Assurance. Pertemuan ini berlangsung interaktif antara pihak konsultan dan PT. KIN. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi PT. KIN karena dengan mereka terlibat aktif dalam penyusunan SOP mereka sendiri, sehingga mereka pun akan lebih memiliki awareness yang baik atas implementasi SOP di perusahaan mereka.

 

Fine Tuning Business Plan, Strategy Map and Target BSC - PT Tatalogam Lestari | Jakarta, 4 Mei 2015

events cpj 01

Magna Transforma Consulting Group melakukan kegiatan fine tuning terkait penyusunan business plan, strategy map dan penentuan target KPI Balanced Scorecard di PT Tatalogam Lestari. Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Martinus Tukiran, ST., MT. selaku konsultan senior dari Magna Transforma. Secara khusus, seluruh jajaran BOD dari PT Tatalogam Lestari hadir untuk berkontribusi dalam kegiatan ini. Fine tuning business plan ini secara garis besar membahas tentang analisis eksternal, analisis internal, serta strategic plan dan initiatives dari PT Tatalogam Lestari dalam jangka waktu 2015 sampai dengan 2020. Kemudian dilanjutkan dengan fine tuning strategy map dan penentuan target KPI Balanced Scorecard PT Tatalogam Lestari. Strategy map Balanced Scorecard level corporate yang telah disepakati pada kegiatan fine tuning ini akan dijadikan dasar untuk melakukan cascading Balanced Scorecard ke seluruh Departemen dan Divisi di PT Tatalogam Lestari. Diharapkan dengan adanya business plan dan strategy map Balanced Scorecard ini, PT Tatalogam Lestari akan lebih berkembang dan siap dalam menghadapi persaingan global.

 

SOP Development - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia ( BPOM RI ) | Jakarta, 28 April 2015

events cpj 01

Magna Transforma Consulting Group mengadakan Workshop SOP Development untuk BPOM RI, Jakarta. Workshop ini diikuti oleh peserta yang merupakan staff di pada Biro Perencanaan dan Keuangan. Pada kegiatan ini, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT yang bertindak selaku narasumber dan konsultan dari Magna Transforma memfasilitasi BPOM RI dalam pengembangan SOP dari Sub Proses terkait dengan unit kerja Biro Perencanaan dan Keuangan. Pada proses pengembangan SOP, narasumber menggunakan pendekatan dengan cara menyusun (Cross Functional Map) CFM dari Sub Proses. Dimana CFM tersebut akan digunakan sebagai acuan pada saat penulisan (Standard Operating Procedure) SOP. Pada Akhir workshop seluruh peserta telah dapat menuliskan SOP pada salah satu sub proses yang ada di Badan POM RI dengan menggunakan pendekatan (Cross Functional Mapping) CFM.  

 

Business Process Mapping & SOP Development - PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia | Tangerang, 22 - 23 April 2015

events cpj 01

PT Magna Transforma kembali mengadakan workshop Business Process Mapping & SOP Development. Workshop ini diikuti oleh 27 peserta, dan diadakan langsung di PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Management Building, Soekarno-Hatta International Airport, Tangerang. Dr. Martinus Tukiran, ST., MT bertindak selaku narasumber pada workshop ini. Worksop dibuka oleh Bp. Beny Setiyanto, selaku perwakilan dari PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia. Pada hari pertama, narasumber menjelaskan konsep dasar mengenai Business Process Mapping. Selain itu peserta diajak untuk bermain games yang bertujuan untuk dapat melatih berfikir dengan pola sistematik dan pola sistemik dalam memandang sebuah kegiatan / kejadian sebagai satu kesatuan yang saling terkait. Pada hari kedua, peserta mendapatkan konsep dasar dan teori mengenai pembuatan Relation Map, Cross Functional Map, dan SOP Development. Peserta juga dilatih untuk dapat membuat Relation Map, Cross Functional Map dan menulis SOP sesuai dengan proses yang ada pada PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia. Workshop ini berjalan lancar dan sangat interaktif, karena dengan latihan dan Case Study yang diberikan para peserta dapat langsung mempraktekan teori yang sudah diperoleh. 

 

Business Process Mapping & SOP Development - PT. Komet Infra Nusantara | Jakarta, 20 April 2015

events cpj 01

Workshop yang bertempat di PT Komet Infra Nusantara, Kuningan, Jakarta dan dihadiri oleh ± 15 perserta. Pada workshop ini, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT bertindak sebagai narasumber yang menjelaskan konsep dasar mengenai Business Prosess Mapping, Relation Map, Cross Functional Map , serta proses pengembangan SOP. Dalam proses penjelasan konsep, peserta dilatih untuk dapat berfikir dengan pola sistematik dan pola sistemik dalam memandang sebuah kejadian sebagai satu kesatuan yang saling terkait. Selain itu pada sesi selanjutnya, dilakukan pula pembahasan dan diskusi mengenai masing-masing Cross Functional Map dari setiap sub proses yang ada di PT Komet Infa Nusantara, yang dipandu dan dijelaskan oleh Anna Antyaning Kusmawarsari, SE.  

 

Organizing 5S in the OFFICE Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Banten (Kanwil DJBC Banten) | Banten, 1 & 7 April 2015

events cpj 01

Terkait dengan penerapan Budaya 5R yang merupakan salah satu program yang harus diterapkan pada setiap kantor yang berada di bawah Kementerian Keuangan maka untuk memudahkan pelaksanaan program 5R tersebut, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Banten (Kanwil DJBC Banten) dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Merak (KPPBC TMP Merak) mengadakan pelatihan kepada para pegawai agar dalam pelaksanaan budaya 5R menjadi efektif, efisien, dan terarah. Pelatihan di Kanwil DJBC Banten di laksanakan pada tanggal 01 April 2015 dan di KPPBC TMP Merak Pelatihan ini menerapkan sistem penataan lingkungan kerja dengan prinsip-prinsip Kaizen 5S atau 5R. Pelatihan ini di fasilitasi oleh Ir.Cakrawijaya dan Ernawati, ST dan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah pemberian materi untuk menyamakan persepsi mengenai prinsip-prinsip dalam 5R. Sesi kedua, para peserta dibimbing langsung untuk menerapkan prinsip-prinsip 5R di area/meja kerjanya. Setelah itu para peserta diarahkan untuk membuat komitmen untuk menerapkan budaya 5R di tempat kerjanya masing-masing. Para peserta sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini, karena pelatihan tidak hanya di lakukan di dalam kelas saja tetapi juga langsung dibimbing langkah demi langkah dalam setiap tahapan Ringkas dan Rapi. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memelihara ketertiban, efisiensi dan disiplin kerja sekaligus meningkatkan kinerja dan pelayanan pegawai dengan berdasarkan budaya 5R.
 

Pelatihan dan Pembinaan IK PT. ASTARI NIAGARA | Tangerang, 1 April 2015

events cpj 01

Pelatihan dan pembinaan Instruksi Kerja ini dilakukan pada bagian Produksi di PT Astari Niagara. Pelatihan dan pembinaan Instruksi Kerja ini dihadiri oleh 26 orang operator yang disertai dengan supervisor, manager produksi dan pihak manajemen. Pelatihan dan pembinaan Instruksi Kerja Produksi yang pertama ini dibawakan oleh Yusa dan Herbowo sebagai trainer. Dalam pelatihan dan pembinaan pertama ini dilakukan pelatihan Instruksi Kerja bagian produksi sebanyak dua jenis Instruksi Kerja. Kedua jenis Instruksi Kerja tersebut yaitu Instruksi Kerja mesin HF serta Instruksi Kerja Mesin Potong dan Poles Warna. Pelatihan dan pembinaan Insstruksi Kerja bagian produksi ini merupakan awal dari implementasi SOP yang telah disusun bagi PT Astari Niagara. Pelatihan dan pembinaan ini bertujuan untuk membantu para operator dan pihak terkait dalam memahami dan menjalankan instruksi kerja dengan baik dan benar. Para operator diharapkan dapat memahami posisi pekerjaan yang dijalankan sehingga kegiatan produksi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

 

Motivational Building (Actualization of Seven Habits) - PT. Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) | Bogor, 28-29 Maret 2015

events cpj 01

Sebagai perusahaan yang ingin terus melakukan pengembangan, baik dalam organisasi maupun dalam bidang tenaga kerja, maka PT. Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) bekerjasama dengan Magna Transforma – Providencia mengadakan Inhouse Training yang berjudul “Motivational Building (Actualization of Seven Habits)”. Kegiatan training tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai konsep motivasi diri, sehingga setiap peserta diharapkan dapat menerapkan aktivitas dalam mengelola keberhasilan diri sendiri, keberhasilan bersama dengan orang lain, dan melakukan pembaharuan diri melalui konsep seven habits. Program pelatihan yang bertempat di Jambuluwuk Resort, Ciawi Bogor, telah berhasil memberikan kesan yang baik kepada management PT. PHEI maupun kepada seluruh peserta training. Hal tersebut dikarenakan, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT. sebagai fasilitator beserta tim dari Providencia menggunakan metode pelatihan yang menyenangkan dan menarik. Melalui selogan “Practice makes Perfect”, semua peserta diajak untuk bersama mempraktekkan ketujuh kebiasaan yang dapat membangun rasa motivasi dari dalam diri sendiri setiap peserta sehingga Providencia tidak hanya memberikan pembekalan secara teoritical, tetapi juga praktek-praktek sederhana yang dapat diterapkan secara langsung baik dilingkungan keluarga, tempat bekerja, maupun di lingkungan yang lebih luas.

 

Pelatihan Administrator system aplikasi BSC Software Bank Sumut | Medan, 18-20 Maret 2015

events cpj 01

Pelatihan Administrator BSC Software di Bank Sumut ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari tim counterpart, calon administrator Head Office, dan beberapa data entry. Pelatihan ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan Balanced Scorecard di Bank Sumut yang sudah hampir memasuki tahap akhir dan memerlukan proses pengisian data ke aplikasi. Penggunaan aplikasi BSC Software adalah untuk mendukung proses BSC sendiri, melalui sistem otomasi yang memudahkan pengguna dalam proses analisa guna pengambilan keputusan, pelaporan, serta manajemen data yang lebih baik. Untuk melakukan penginputan data ke dalam aplikasi diperlukan pemahaman dasar mengenai apa itu Balanced Scorecard, bagaimana pengelolaan data dari form BSC, dan bagaimana mengoperasikan system sebagai administrator. Melalui pelatihan yang disampaikan oleh Ivania Christie, diharapkan dapat membantu para peserta dalam meningkatkan pemahaman secara mendasar terhadap Balanced Scorecard; juga bagaimana mengelola data yang diterima oleh administrator sebelum diinput ke dalam aplikasi; dan memahami fungsi-fungsi yang ada pada modul aplikasi dan menggunakannya secara tepat sebagai administrator; sehingga dapat menjadi administrator handal dalam menggunakan aplikasi ini (menginput data), serta fungsi operasional harian administrator lainnya, seperti input target, cara perhitungan nilai index, manajemen data user.

 

Executive Briefing on SOP - PT. Komet Infra Nusantara | Jakarta, 4 Maret 2015

events cpj 01

Pada hari Rabu, 4 Maret 2015, BOD dan Senior Key People dari PT. KIN (Komet Infra Nusantara) mengadakan executive briefing dengan tim consultant dari PT. Magna Transforma. Acara ini bertemakan Executive Briefing on: Standard Operating Procedure Development for PT. KIN (Komet Infra Nusantara). Fasilitator dalam executive briefing ini adalah Martinus Tukiran yang juga berperan sebagai project leader. Executive briefing dilaksanakan di Gedung Lippo Kuningan, Jakarta. Tujuan diadakannya executive briefing ini adalah agar jajaran BOD PT. KIN dapat memahami konsep proses dan business process, memahami langkah melakukan Business Process Map, Relationship Map dan Cross Functional Map, memahami langkah dan tahapan dalam pengembangan SOP. PT KIN memberikan komitmen dan dukungan dalam menyusun dan menjalankan operasional perusahaan secara efektif dan efisien.

 

Balanced Scorecard Implementation - PT. Anugerah Tangkas Transportindo | Jakarta, 2-3 Maret 2015

events cpj 01

Workshop Balanced Scorecard Implementation “How to Execute Your Business Strategy Into Measurable Operational Activity” ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari jajaran direksi dan para general manager.
Dalam workshop hari pertama, Dr. Martinus Tukiran, ST.,MT. sebagai trainer menjelaskan pemahaman mengenai strategi perusahaan dan pembuatan strategi map. Sedangkan, pada hari kedua, dijelaskan mengenai proses pembuatan dan penerapan balanced scorecard. Melalui workshop ini diharapkan perusahaan dapat memfokuskan seluruh aktivitas perusahaan kepada strategi perusahaan yang telah ditentukan.
Workshop ini bertujuan agar para peserta dapat mengembangkan peta strategi level perusahaan yang terdiri dari sasaran-sasaran strategi yang terukur dalam bentuk KPI, menurunkan peta strategi level perusahaan menjadi peta strategi departemen dan sasarn kerja individu, mengembangkan crictical success factors dan inisiatif strategi di level departemen dan mengembangkan activity plan departemen dalam rangka mencapai sasaran strategi departemen dan perusahaan.

 

Smart Internal Audit - PT. Catur Putra Jaya | Depok, 12 - 13 Februari 2015

events cpj 01

Smart Internal Audit Workshop ini diselenggarakan di PT. Catur Putra Jaya cabang Depok. Workshop ini dihadiri oleh 29 peserta yang terdiri dari jajaran direksi, general manager, Manager, hingga PIC di seluruh cabang (Bekasi, Depok, Bogor, Cileungsi, Leuwiliang, Pondok Gede, Sawangan, CAM), dan jajaran staf lainnya.
Dalam workshop, pada hari pertama Ir. Andreas Hartono sebagai trainer menjelaskan mengenai proses audit dan pemahaman tentang bagaimana cara mengaudit dari penerapan SOP di PT. Catur Putra Jaya. Selanjutnya pada hari kedua, peserta melakukan praktek audit langsung ke lapangan (live audit). Departemen PDCA telah membentuk 6 kelompok untuk mengaudit divisi yang telah ditentukan. Dalam masing-masing kelompok terdiri dari 4 peserta (1 ketua tim dan 3 anggota) dan divisi yang di audit, yaitu Marketing, Gudang H1, Gudang H2-H3, Gudang H4, Finance, dan Administrasi Marketing Support. Pada live audit ini diharapkan peserta dapat memahami peran sebagai auditor dalam berinteraksi langsung kepada audite.
Workshop ini juga bertujuan agar para peserta yang merupakan pemegang kepentingan di PT. Catur Putra Jaya semakin memahami dan mengerti tentang audit SOP yang benar sehingga dapat diimplementasikan dengan baik di PT. Catur Putra Jaya.

 

Strategi Execution Program - Bank BNI | Jakarta, 12 - 13 Februari 2015

events bank bni

Pelatihan dengan topik "Strategi Execution Program" ini dilatar belakangi oleh proses perencanaan strategis yang saat ini telah berjalan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dengan metodologi Balanced Scorecard (BSC). Untuk meningkatkan evektifitas implementasi eksekusi strategi unit terhadap perencanaan strategis, maka diperlukan peningkatan pemahamam yang komprehensif terhadap BSC di unit, mempercepat proses penyusunan business plan, dan meningkatkan kualitas eksekusi dari strategi unit yang telah disusun.
Melalui pelatihan yang disampaikan oleh Fahmi Samsul Huda, SE.,MM, pelatihan “Strategi Execution program” ini diharapkan meningkatkan pemahaman terhadap strategi di level pimpinan unit dan seluruh pegawai di unit, menunjang keberhasilan pencapaian target perusahaan melalui eksekusi strategi yang efektif melalui vertical alignment, serta meningkatkkan komunikasi atau koordinasi antara unit untuk pemenuhan sumber daya dalam upaya mencapai target perusahaan. Pelatihan yang diadakan di BNI Learning Center Jakarta Kota ini menjadikan para peserta program menjadi PIC/Liason dalam pemahaman konsep BSC di unit masing masing.

 

Cascading Balanced Scorecard - Bank Sumut | Medan, 16-17 Desember 2014

events bank sumut

Workshop yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara ini diikuti oleh jajaran kepala divisi dan kepala Cabang. Pada hari pertama di sesi pertama, DR (Cand). Fahmi Samsul Huda dan Ir. Jerry Marmen Simanjuntak, M.Si, M.Ec, M.Mgt, Phd menyampaikan mengenai apa itu balanced scorecard dan bagaimana cara membuat peta strategi sedangkan pada hari pertama di sesi kedua, peserta menyusun peta strategi per divisi. Selanjutnya, pada hari kedua, peserta (Kepala Divisi) mempresentasikan peta strategi divisi masing-masing. Dalam presentasi tersebut, konsultan memberikan masukan dan terjadi proses diskusi antara konsultan dan kepala divisi. Hasil dari workshop selama 2 (dua) hari ini, masing-masing divisi memiliki peta strategi dan diharapkan peta strategi dapat diimplementasikan dengan baik.

 

Balanced Scorecard Implementation - PT. Tata Logam Lestari | Jakarta, 16-17 Desember 2014

events tata logam

Sebagai bagian dari proses evaluasi internal tahunan dan perencanaan strategi untuk tahun yang baru, PT. Tata Logam Lestari, produsen genteng metal dan rangka baja, bekerja sama dengan Magna Transforma mengadakan pelatihan mengenai konsep sistem manajemen balanced scorecard dan implementasinya bagi seluruh kepala divisi, kepala pabrik, dan kepala cabang seluruh Indonesia.

Selain membawakan materi mengenai sistem manajemen balanced scorecard, fasilitator Dr. Martinus Tukiran ST., MT. juga mendampingi dalam proses perumusan strategi, baik untuk level perusahaan, departemen hingga individual. Pelatihan dua hari ini diadakan di Tata Logam Tower yang merupakan kantor pusat PT. Tata Logam Lestari di Jakarta.

 

Kaizen 5S in the Office - BNI Life Insurance | Jakarta, 15-16 Desember 2014

events bni life

Pelatihan ini merupakan pelatihan untuk mengelola tempat kerja agar menjadi lebih teratur dan terawat sehingga setiap karyawan dapat bekerja lebih efektif dan efisien dan tujuan utamanya adalah mendidik setiap karyawan menjadi disiplin terhadap standar yg telah disepakati bersama. Pelatihan ini dibuka dengan kata sambutan dari Wakil Direktur dan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi pemaparan konsep dan langkah-langkah Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin di tempat kerja. Sesi kedua adalah pendampingan langsung oleh fasilitator Cakrawija, ST. untuk proses Ringkas dan proses Rapi tempat kerja peserta dan membuat standar bersama. Para peserta berasal dari perwakilan setiap divisi dan para peserta mengikuti pelatihan budaya kerja Kaizen 5S ini dengan penuh antusias. Pelatihan ini diadakan selama dua hari di kantor pusat BNI Life Indonesia.

 

Strategy Map Development - Bank Sumut | Medan, 2-3 Desember 2014

bank sumut 01

Magna Transforma Consulting Group berkesempatan untuk membantu Bank Sumut dalam Penyusunan Sistem Manajemen Kinerja Pegawai PT. Bank Sumut Berbasis Balanced Scorecard dan Kompetensi.
Kegiatan ini diawali workshop dan Focus Group Discussion antara pimpinan Bank Sumut yang dihadiri oleh jajaran Direksi, Kepala Divisi, dan Tim Counterterpart dengan konsultan Magna Transforma Consulting Group.
Acara yang berlangsung tanggal 2 dan 3 Desember 2014 ini berhasil merumuskan draft peta strategi level korporat Bank Sumut, yang selanjutnya akan disampaikan dalam rapat direksi Bank Sumut untuk kemudian dicascade menjadi peta strategi di seluruh Divisi Bank Sumut.
Dari peta strategi Divisi tersebut, maka seluruh bagian dan pegawai Bank Sumut pada akhir program ini diharapkan mempunyai Indikator Kinerja Utamanya masing-masing untuk mendukung pencapaian kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Implementasi Balanced Scorecard di Bank Sumut ini juga akan menggunakan dashboard management software Transformer yang khusus dibangun oleh Magna Transforma Consulting Group untuk mewujudkan Balanced Scorecard yang berdaya guna untuk para klien yang telah memberikan kepercayaannya.

 

Quality Management System - BPOM Jambi | Jambi, 24-25 November 2014

bpom jatim 01

Workshop Quality Management System (QMS) Awareness ini diselenggarakan di Balai Badan POM Jambi. Workshop ini diikuti oleh lebih dari 40 peserta yang merupakan jajaran staf Badan POM Jambi. Pada workshop QMS Awareness Dr. Martinus Tukiran, ST., MT sebagai narasumber menjelaskan mengenai Sistem Manajemen Mutu dan Persyaratan ISO 9001: 2008 serta sosialisasi mengenai ISO yang akan diperbaharui menjadi ISO 9001: 2015. Selain itu, dijelaskan pula mengenai pendekatan proses oleh Anna Antyaning Kusmawarsari, S.E. . Workshop ini berlangsung dengan sangat interaktif, para peserta diajak dan dilatih untuk membuat peta proses, dan di akhir sesi dilakukan diskusi mengenai Standard Operating Procedure (SOP) yang merupakan wujud nyata dari QMS yang sudah berjalan di Balai Badan POM Jambi yang disesuaikan dengan Persyaratan ISO.

 

Managerial Leadership - PT. Pupuk Kaltim | Bontang, 6-13 Oktober 2014

pupuk kaltim

Magna Transforma Consulting Group mendapat kepercayaan dari PT. Pupuk Kaltim untuk menjadi fasilitator dalam pelatihan Managerial Leadership untuk karyawan Pupuk Kaltim Grade V. Pelatihan dengan rancangan 5 (lima) hari pelatihan di kelas, 2 (dua) hari bimbingan pembuatan makalah penerapan pelatihan, dan 1 (satu) hari paparan makalah oleh para peserta.

Peserta mengikuti seluruh rangkaian aktivitas dalam pelatihan dengan perhatian dan partisipasi penuh, yang ditunjukkan dengan keaktifan mereka dalam bertanya dan keseriusan berdiskusi dan presentasi. Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Diklat PT Pupuk Kaltim di kota Bontang Kalimantan Timur dan diikuti oleh 23 peserta dari berbagai unit kerja di lingkungan PT Pupuk Kaltim.

 

Finance Workshop for Non Financial Manager - PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. | Jakarta, 25-26 September 2014

training finon

Laporan keuangan adalah dokumen resmi yang berisi informasi mengenai kegiatan transaksi keuangan, baik kinerja keuangan perusahaan maupun perubahan transaksi keuangan yang terjadi di suatu perusahaan. Laporan keuangan seharusnya mudah dimengerti, relevan, terpercaya. Laporan keuangan seharusnya mudah dimengerti oleh para pengambil keputusan yang mempunyai berbagai tujuan, seperti pemilik bisnis atau pemegang saham, investor, supplier, karyawan, pemerintah, dan lain-lain.

Melalui inhouse training dua hari ini, konsultan Dr. (Cand) Fahmi Samsul Huda, SE., MM. menjadi narasumber yang menjelaskan mengenai cara pembuatan dan cara menganalisis laporan keuangan secara lengkap kepada para peserta yang merupakan para manajer yang berasal dari berbagai divisi.

 

Transformer Training End User Version - PT. A.J. Central Asia Raya | Jakarta, 5 September 2014

inhouse training indonesia

Transformer Dashboard Performance Management Software adalah aplikasi berbasis Sistem Manajemen Balanced Scorecard yang digunakan untuk memantau kinerja organisasi secara keseluruhan hingga individu yang terdapat di setiap departemen atau bagian agar sesuai dengan nilai-nilai dan rencana jangka panjang perusahaan.

Sebagai bagian dari proses konsultansi, Magna Transforma mengadakan pelatihan penggunaan Transformer Software kepada para pengguna dari PT. A.j. Central Asia Raya yang diadakan di Wisma Sejahtera Slipi dengan fasilitator Dr. (Cand) Fahmi Samsul Huda, SE., MM. dan tim konsultan

 

Understanding ISO 9001:2008 and SOP Writing - PT. Catur Putra Jaya | Jakarta, 22 Agustus 2014

training iso

Workshop ini dihadiri oleh 22 peserta yang terdiri dari jajaran direksi, general manager, manager, serta PIC cabang (Bekasi, Depok, Bogor, Cileungsi, Leuwiliang, Pondok Gede, Sawangan, CAM), dan para staf.

Dalam workshop ini, Dr. Martinus Tukiran, ST., MT. menjelaskan mengenai ISO 9001: 2008 dan pemahaman terkait penulisan SOP. Workshop yang dilaksanakan di Ruang Training CPJ Depok bertujuan agar para peserta yang merupakan pemegang kepentingan di PT.Catur Putra Jaya semakin memahami dan mengerti tentang sistem manajemen mutu dan penyusunan SOP yang benar sehingga dapat diimplementasikan dengan baik di PT. Catur Putra Jaya.

 

Transformation Workshop - Koperasi Telkomsel (Kisel) | Jakarta, 22 Agustus 2014

inhouse training kisel

Bertempat di Hotel Amaris Pancoran Jakarta, Magna Transforma bersama Koperasi Telkomsel (Kisel) menyelenggarakan workshop dengan tema “Transfromasi Kisel menyongsong masa depan yang gemilang”, workshop yang difasilitasi oleh Dr. (Cand) Fahmi Samsul Huda, SE., MM dan Ir. Jerry Marmen, PhD ini dihadiri oleh seluruh Manager dan General Manager Kisel, termasuk para General Manager yang berada di seluruh wilayah kerja Koperasi Telkomsel (Kisel).

Transformasi merupakan kunci agar perusahaan mampu terus menerus menyesuaikan diri dengan perubahan dan tidak tertinggal oleh pesaingnya. Dengan adanya transformasi tentu ada pula perubahan. Melalui workshop ini diharapkan dapat menjadi forum sosialisasi rencana perubahan tersebut, serta tentunya dapat menjadi media bagi para pesertanya untuk menggali dan memperoleh penjelasan lengkap mengenai rencana transformasi di Koperasi Telkomsel (Kisel).

 

Business Process Mapping & SOP Development Inhouse Training - PT. Time International | Jakarta, 21 Agustus 2014

training sop

Magna Transforma kembali mengadakan inhouse training satu hari dengan tema proses bisnis dan SOP yang diikuti oleh semua kepala bagian atau Head of Department hingga Vice President dari PT. Time International, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang luxury fashion retail. Time International menyadari pentingnya mempunyai proses bisnis dan SOP, karena dengan pemetaan proses bisnis dan penyusunan SOP yang tepat dapat menjaga konsistensi operasional perusahaan dan untuk mengatasi tekanan dan perubahan yang terjadi dalam pergerakan bisnis. Selain itu, hal ini juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat dimana setiap individu melakukan apa yang menjadi keahlian mereka bukan sesuai dengan kebiasaan, tetapi dengan standard dan sistem yang mendukung.

 

Business Process Mapping & SOP Development for Government Organization Inhouse Training | Jakarta, 18-20 Agustus 2014

diklat kementerian

Magna Transforma bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara mengadakan workshop mengenai proses bisnis dan penyusunan SOP. Workshop ini adalah bagian dari kegiatan penyusunan pedoman pengembangan proses bisnis dan SOP di Lembaga Negara dan Kementerian. Para pesertanya adalah tim inti dari kantor Kementerian Pan RB yang merupakan perwakilan dari setiap unit kerja di Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara. Dalam workshop ini, para peserta diajarkan untuk memahami cara melakukan pemetaan proses bisnis dan penyusunan SOP untuk organisasi pemerintah, baik di tingkat kementerian/lembaga dan unit kerja dalam satu kementerian/lembaga. Selain itu, peserta diajarkan untuk memahami mekanisme audit sebagai alat monitoring atas penerapan SOP di seluruh kementerian/lembaga.

 

Leadership in Business Inhouse Training with PT. Perfect Health | Jakarta, 24 April 2014

training leadership jakarta

Perfect Health merupakan perusahaan retail yang menjual berbagai macam alat kesehatan. Kegiatan pemasaran dan penjualan tentunya merupakan kegiatan yang pokok bagi seluruh karyawannya, terutama pada bagian sales and marketing. Management Perfect Health memutuskan untuk bekerjasama dengan Magna Transforma dalam kegiatan in-house training “Leadership in Business”.

Peserta diberikan penjelasan mengenai konsep umum management. Secara garis besar peserta adalah para Supervisor dan Tenaga Sales dari seluruh Indonesia. Jumlah peserta adalah 55 orang dan selama pelatihan berlangsung Manager dan Senior Manager ikut serta secara aktif dalam pelatihan ini dan turut serta memberikan motivasi kepada peserta. Continue Reading →

 

Leadership at Work Inhouse Training - PT. Jumbo Power | Jakarta, 3-4 April 2014

pelatihan kepemimpinan

Pelatihan “Leadership at Work” untuk PT Jumbo Power International ini diikuti oleh 36 orang Kepala Depo dari seluruh Indonesia, mulai dari Jember, Kediri, Padang, Mataram, Bengkulu, Ambon, Gorontalo, Tarakan, Palu dan Kendari.

PT. Jumbo Power merupakan perusahaan yang bergerak dalam memproduksi pelumas baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Pelatihan ini kepemimpinan dibawakan oleh Ibu Laura Lintong, M. Psi. Psi dan dilaksanakan di Hotel Orchardz, Jakarta. Kepala Depo ini diharapkan mampu menjadi pemimpin yang baik, pemimpin yang mampu memberikan contoh dan mampu menyesuaikan dengan siatuasi yang ada Continue Reading →

 

Business Process Mapping Inhouse Training - GIZ Indonesia | Bogor, 19 Febuari 2014

events giz

GIZ Indonesia mengadakan kegiatan pelatihan mengenai pengembangan bisnis proses organisasi pemerintah. Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan reformasi birokrasi nasional dan juga kegiatan internal dari GIZ Indonesia yang diadakan selama 3 hari berturut-turut di Hotel Aston-Bogor. Dr. Martinus Tukiran, ST., MT sebagai pembicara menyampaikan materi mengenai bagaimana membangun SOP berdasarkan business process serta menyampaikan prinsip utama dari pembuatan business process.

Pada saat kegiatan dimulai, pembicara mengawalinya dengan sebuah permainan berhitung yang memiliki learning lesson yang sesuai dengan topik pelatihan. Selama kegiatan berlangsung, pembicara juga sangat melibatkan para peserta untuk berdiskusi dalam kelompok, melakukan pemetaan bisnis proses dan menjalin komunikasi yang baik dengan para peserta lainnya. Sebanyak 16 peserta mengikuti pelatihan dengan sangat baik dan kooperatif sampai pada akhir pelatihan ini selesai.

 

Effective Selling Skill Inhouse training - PT. Metrox Global | Jakarta, 15 Febuari 2014

events metrox

Sebagai perusahaan yang memiliki semangat tinggi untuk dapat berkembang dengan pesat, PT Metrox bersama dengan Magna Transforma bekerjasama dalam program in-house training “effective selling skill”. Sesuai dengan topik pelatihannya, kegiatan ini khusus diikuti oleh para kepala tim sales dari PT Metrox. Kegiatan ini dipimpin oleh seorang trainer Ibu Laura Lintong M. Psi., Psi beserta dengan tim.

Melalui pelatihan ini peserta dapat memahami apa itu learning zone, memahami kunci sukses mengatur bisnis, memahami tahapan selling, dan memahami kepemimpinan yang baik untuk organisasi. Kegiatan training ini merupakan salah satu bagian dari annual meeting PT Metrox dimana Magna Transforma memberikan suntikan ilmu dan juga semangat kepada karyawan sales berupa pelatihan yang interaktif dan menyenangkan.

Selama pelatihan berlangsung, peserta sangat terlihat antusias dan kooperatif dalam menyimak materi yang disampaikan dan mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh trainer. Trainer memberikan banyak permainan yang mengandung learning lesson, role play dan pada akhir kegiatan peserta juga melakukan test kepribadian sehingga peserta dapat lebih memahami tipe kepribadian customer dan bagaimana cara menghadapinya.

 

Organizational Design Inhouse Training - Bank Rakyat Indonesia | Jakarta, 29 Januari 2014

events bri

Pelatihan ini diperuntukkan bagi karyawan yang menangani organization design di BRI dan diikuti oleh kurang lebih 20 peserta. Kegiatan diselenggarakan di Pusdiklat BRI, Ragunan-Jakarta Selatan.

Melalui pelatihan ini para peserta dapat lebih memahami konsep organizational design, memahami prinsip-prinsip mendasar dalam organizational design, memahami evaluasi efektifitas organisasi, dan memiliki wawasan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pengembangan organisasi.

Pembicara dalam training ini merupakan konsultan sekaligus direktur utama dari Magna Transforma, Dr. Martinus Tukiran ST., MT. Selain menjelaskan materi mengenai Organizational Design, pembicara juga mengadakan permainan yang menyenangkan bagi para peserta sehingga materi yang disampaikan pun dapat diterima secara lebih baik.

 

“Cascading Strategy Map” Workshop at CAR part II | Jakarta, 27-28 Januari 2014

events car 02

Workshop kali ini merupakan workshop Cascading strategy map bagian kedua yang diselenggarakan oleh PT Central Asia Raya setelah workshop pertamanya yang sukses diadakan di Hotel Pranaya, BSD. Pada bagian kedua, kegiatan berlangsung selama 2 hari bertempat di kantor pusat operasional CAR, Gelong-Jakarta Barat. Workshop dihadiri oleh para staff CAR yang berada di bagian Chief Commercial Operating Officer beserta staffnya, Chief Actuary Officer dan kepala divisi beserta staffnya, serta SMO (Strategic Management Officer). Konsultan memberikan materi yang sama dengan workshop yang sebelumnya hanya saja peserta yang mengikuti berasal dari level yang berbeda.

 

“Cascading Strategy Map” Workshop at CAR | Serpong, 23-24 Januari 2014

training bsc

Setelah melakukan workshop mengenai implementasi BSC kepada para BOD, kali ini PT Asuransi Jiwa CAR (Central Asia Raya) mengadakan workshop yang kedua sebagai bagian dari program konsultansi BSC. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut di Hotel Pranaya-BSD. Pada hari pertama, workshop dipandu oleh Bapak Dr. (Cand) Fahmi Samsul Huda, lalu pada sesi kedua sampai pada esok harinya workshop dipandu oleh Dr. Martinus Tukiran. Peserta yang mengikuti workshop terdiri dari beberapa departemen antara lain: Chief Information, Chief Financial Officer, Chief Marketing Officer dan Chief Operating Officer.

Sesuai dengan judul workshop, pada hari pertama konsultan mengajarkan pengertian dan konsep dari BSC, memaparkan peta strategi CAR kepada para pegawainya, membimbing dalam membuat langkah-langkah cascading, dan membuat stakeholder expectation analysis.

Sedangkan pada hari kedua, peserta mulai membuat peta strategi dalam tiap departmen, mulai diberikan pengertian mengenai konsep CSF oleh konsultan, membuat inisiatif strategis dan action plan, serta melakukan presentasi pada masing-masing departemen. Dalam kegiatan ini, juga hadir Bapak Freddy Thamrin sebagai CEO PT Asuransi Jiwa CAR.

 

Pelatihan ISO 31000: 2009 dan COSO ERM:2004 di Lembaga Sandi Negara (2) | Jakarta, 24 Desember 2013

konsultasi iso

Acara pelatihan atau workshop ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) di Hotel Sahati- Jakarta Selatan. Workshop ini diselenggarakan pada tanggal 24 Desember 2013 dan merupakan lanjutan dari workshop yang diadakan pada tanggal 5 Desember 2013 lalu. Wokshop kali ini juga dihadiri oleh Kepala Direktorat Pengendalian Persandian Ir. Inu Baskara M.MSI.

Pada workshop yang pertama, peserta telah diberi pemahaman mengenai definisi dan konsep dari Enterprise Risk Management (ERM), prinsip- prinsip, pola kerja dan proses manajemen dari ISO 31000:2009. Setelah peserta mendapatkan pengetahuan mengenai risk management dan demi teridentifikasinya risiko dan pengelolaan risiko di lingkungan Direktorat Pengendalian Persandian, maka pada workshop lanjutan ini peserta langsung melakukan identifikasi secara menyeluruh terhadap semua kategori sehingga menghasilkan risk profile pada template register, menentukan dampak risiko bagi setiap potensi kejadian risiko di template register secara benar serta dapat dipertanggung jawabkan oleh masing-masing para pemilik risiko, serta menyusun risk register yang komprehensif di template risk register dengan benar dan sesuai best practice.

Melalui workshop ini, Direktorat Pengendalian Persandian menetapkan akan memperhatikan seluruh resiko yang dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis prosesnya. Oleh karena kompleksitasnya kegiatan yang dihadapi Direktorat Pengendalian Persandian, maka mengatur resiko sangat diperlukan yaitu antara lain mencakup identifikasi, pengukuran, pemantauan dan pengendalian resiko. Pengaturan risiko harus terintegrasi dengan manajemen serta membangun sistem manajemen yang dibutuhkan dalam mencapainya.

 

Executive Briefing SOP - PT. Mowilex Indonesia | Jakarta, 3 Desember 2013

standard operating procedure

Sebagai produsen cat lokal pertama di Indonesia yang sudah diakui kualitasnya secara internasional, PT. Mowilex Indonesia telah bekerjasama dengan Magna Transforma untuk melaksanakan pendampingan pada program konsultasi mengenai Standard Operating Procedure (SOP). Pada tahap awal, Dr. Martinus Tukiran ST., MT. selaku konsultan melakukan executive briefing kepada seluruh kepala divisi yang dilakukan pada tanggal 3 Desember 2013 di gedung kantor Mowilex- Daan mogot. Pembuatan SOP merupakan hal yang telah dinanti- nantikan oleh manajemen Mowilex selama ini dan pada momen ini pula Mowilex melakukan kick off untuk pelaksanaan pendampingan SOP.

Dalam pertemuan executive briefing ini konsultan melakukan sosialisasi SOP kepada seluruh bagian divisi pada perusahaan serta memberikan pengetahuan mengenai business process dan SOP. Setelah itu para peserta membuat gambaran business process yang sesuai dengan pemikirannya sendiri. Dalam pelaksanaannya, konsultan akan membantu Mowilex menggunakan pendekatan strategis yang akan menjamin pada keuntungan jangka panjang, holistik dan aspek prioritas pada perusahaan juga akan dijalankan dalam SOP. Continue Reading →

 

Pelatihan Tahap “RAWAT” untuk JNE Puri Kembangan Pada Program Konsultasi 5R | Jakarta, 16 Desember 2013

konsultasi kaizen

Setelah menyusun AKK (Aktivitas Kelompok Kecil), membagi zona tanggung jawab yang sesuai dengan AKK, menyusun Instruksi Kerja (IK), membuat Standard Ringkas, Rapi dan Resik maka pada tanggal 16 Desember 2013 Bapak Ir. Cakrawijaya selaku konsultan 5R mengadakan pelatihan khusus mengenai tahapan selanjutnya yaitu “Rawat” sebagai bagian dari program konsultasi 5R di kantor JNE Puri. Pelatihan diselenggarakan di JNE Learning Centre Tomang dan dihadiri oleh para peserta yang merupakan leader dari AKK di JNE Puri dan komite inti 5R JNE.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk melaksanakan standarisasi di tempat kerja, mempertahankan kondisi optimum, dan mewujudkan tempat kerja bebas dari kesalahan. Berdasarkan tujuan inilah, para peserta dituntut untuk dapat melaksanakan standarisasi di tempat kerjanya dan sebagai salah satu bentuk “Rawat” pula, karyawan dituntut untuk dapat menjalankan IK yang sudah ada dan melaksanakan program audit di tempat kerjanya. Continue Reading →

 

Training Sistem Transformer (Versi End User) - BPSDM - Perhubungan | Jakarta, 9 Desember 2013

pelatihan sistem

BPSDM Perhubungan memiliki fungsi utama untuk mengembangkan sumber daya manusia yang khusus bergerak dalam bidang perhubungan. Sesuai dengan misinya yang kedua yaitu membangun organisasi yang efektif dengan SDM kompeten dan sistem informasi yang handal dalam memenuhi kebutuhan stakeholders, maka diselenggarakanlah training Transformer (Versi End User) pada tanggal 9 Desember 2013 di Hotel Marcopolo- Jakarta.

Transformer merupakan sebuah software aplikasi penilaian kinerja berbasis Balanced Scorecard dan SKP sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan dimana dapat digunakan untuk penilaian kinerja unit dan individu SDM BPSDM. Balanced Scorecard merupakan sistem manajemen kinerja yang digunakan di banyak organisasi maupun perusahaan yang menginginkan eksekusi strategi dijalankan secara seimbang, kontrol penuh terhadap perusahaan, dan sekaligus mendapatkan pengukuran yang benar terhadap kinerja yang dicapainya. Continue Reading →

 

Pelatihan ISO 31000:2009 & COSO ERM:2004 di Lembaga Sandi Negara | Jakarta, 5 Desember 2013

pelatihan iso

Dalam praktek penyelenggaraan persandian yang saat ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan strategis ada berbagai macam risiko yang berpotensi menyebabkan kerugian atau kegagalannya. Penyelenggaraan persandian tidak terlepas dari adanya unsur risiko yang menyebabkan timbulnya permasalahan, hambatan, kerawanan, ancaman, penyimpangan dan penyalahgunaan yang dapat berdampak pada terjadinya gangguan.

Pelatihan ISO 31000:2009 dan COSO ERM:2004 untuk Lemsaneg diselenggarakan pada tanggal 5 Desember 2013 lalu di Hotel Sahati- Jakarta Selatan, dan juga dihadiri oleh Kepala Direktorat Pengendalian Persandian. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk menjadikan manajemen risiko sebagai bagian terintegrasi dalam proses bisnis Direktorat Pengendalian Persandian dan penyelenggaraan persandian pada instansi pemerintah. Continue Reading →

 

Finance Workshop for Non Financial Manager - PT. Mulia Putra Mandiri | Jakarta, Solo, Surabaya November 2013

pelatihan keuangan

Permasalahan keuangan yang mendasar tidak lagi dapat disepelekan, karena jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah yang sangat besar. Dalam program Finance for Non Financial Manager in- house training yang dihadiri oleh karyawan- karyawan business partner MPM, DR. (Cand.) Fahmi Samsul Huda membawakan materi yang bertema “Dasar- dasar pengelolaan Keuangan Perusahaan”. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari penuh, pada tanggal 30-31 Oktober 2013 di Hotel Grandtropic- Jakarta, yang juga dihadiri oleh 4 orang pimpinan dari Mulia Putra Mandiri sebagai pengawas jalannya acara.

Mengelola keuangan dalam suatu perusahaan memerlukan strategi, perencanaan dan analisis yang baik. Ketika perusahaan mengambil langkah untuk mempertahankan keuangan atau ingin mengembangkan modal usaha ada beberapa permasalahan yang bisa saja terjadi seperti, investasi yang dilakukan belum tentu menguntungkan, sulitnya menemukan dana sumber pembiayaan investasi, tidak dapat menentukan besarnya jumlah kas yang harus selalu ada, tidak dapat menentukan berapa besarnya persediaan yang harus dipertahankan, kurangnya pemahaman tentang cara mengelola kredit yang aman bagi pelanggan, dan lain sebagainya. Continue Reading →

 

Organizational Design Inhouse Training - PT. Astra Honda Motor | Bali, 11-12 November 2013

design organisasi

Tersedianya pembagian kerja dan jalur komunikasi yang baik dalam suatu organisasi tentu sangat diperlukan. Struktur organisasi yang jelas dapat mempengaruhi sikap dan kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Karyawan akan termotivasi untuk lebih produktif dan mampu untuk bekerjasama dengan tim untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi.

Organizational design merupakan salah satu topik dari program in- house training Magna Transforma untuk PT. Astra Honda Motor (AHM). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 11- 12 November 2013 di Hotel Melia Benoa- Bali. Sebagai salah satu pelopor industri sepeda motor di Indonesia, setiap tahunnya AHM mengadakan pelatihan bagi para karyawannya. Kali ini AHM bekerjasama dengan Magna Transforma untuk mengadakan program pelatihan khusus bagi karyawan main dealer yang berasal dari berbagai kota. Continue Reading →

 

Coaching Counseling and Time management Inhouse Training - PT. Ateja | Bandung, 26 Oktober 2013

manajemen waktu

Peran penting seorang manajer perlu diseimbangkan dengan kemampuan kinerja yang terus- menerus berkembang demi terciptanya manajemen yang semakin baik dalam sebuah organisasi. Tugas utama dari seorang manajer adalah memberikan instruksi yang jelas kepada pegawai tentang pekerjaannya dan bagaimana cara menjalankannya, melakukan pengawasan atau kontrol terhadap apa yang dikerjakan pegawai, menciptakan komunikasi yang efektif baik kepada atasan maupun pegawainya, serta melakukan pengajaran dan memberikan solusi jika terjadi kesalahan dalam sebuah pekerjaan.

Continue Reading →



 

Balanced Scorecard Workshop - PT. Central Asia Raya | Jakarta, 3 & 16 Oktober 2013

balanced scorecard workshop

Sebagai alat bantu manajemen untuk mengukur kinerja perusahaan secara komprehensif dan seringkali dapat memberikan keberhasilan dalam penerapannya, balanced scorecard (BSC) menjadi salah satu jawaban yang dipilih oleh para eksekutif untuk diterapkan di dalam manajemen perusahaannya. PT. Asuransi Jiwa CAR merupakan salah satu perusahaan yang saat ini sedang menjalankan program konsultasi implementasi BSC.

Tepatnya pada tanggal 3 dan 16 Oktober 2013, CAR bersama dengan magna transforma mengadakan training mengenai implementasi BSC di Wisma CAR- Jakarta Barat. Training ini merupakan tahap awal dari serangkaian tahapan program konsultasi BSC. Setelah mengikuti training ini peserta yang merupakan BOD (Board of Director) dan juga kepala divisi akan lebih memahami alasan utama mengapa perusahaan memerlukan BSC dalam implementasi strategi manajemen. Konsultan kami membimbing para BOD dan kepala divisi CAR untuk mengelola organisasi yang berfokus pada strategi manajemen berbasis BSC. Continue Reading →