Our Events

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Manokwari | Bali, 12- 13 Maret 2014

bpom manokwari workshop

Bekerja sama dengan Magna Transforma, Balai POM Manokwari menyelenggarakan learning organization workshop. Workshop ini diadakan di hotel Adhijaya Sunset hotel dengan diikuti Sebanyak 21 peserta. Para peserta mengikuti acara dengan sangat kooperatif dan antusias. Pada hari pertama, workshop diisi oleh pengajaran mengenai LO yang dibawakan oleh Dr. Martinus Tukiran ST., MT lalu pada hari kedua acara diisi dengan kegiatan team building yang dipimpin oleh Ibu Laura Lintong.

Team building berjalan di 3 tempat yang berbeda, dan seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. Kegiatan LO yang disertai dengan team building dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, kekompakan, dan juga melatih para peserta agar mampu menjadi team player dimana pun mereka berada.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Gorontalo | Gorontalo, 23- 24 Desember 2013

bpom gorontalo workshop

Magna Transforma kembali memfasilitasi kegiatan pendampingan penerapan Learning Organization (LO) di Balai POM Gorontalo. Bertempat di Aula Balai POM Gorontalo, tim konsultan dari Magna Transforma mendampingi dan menjadi narasumber dalam kegiatan LO forum. Konsultan selaku narasumber memberikan pengajaran mengenai arti penting penerapan LO dalam organisasi serta memotivasi dan mendukung peserta untuk mampu melakukan perubahan dan inovasi dalam pekerjaannya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Drs. Edi Witanto, Apt.

LO juga merupakan salah satu misi dari Badan POM, yaitu menjadi sarana untuk mewujudkan budaya perubahan dan menjadi salah satu cara agar pegawai selalu berkembang dalam hal pengetahuan yang berhubungan dengan pekerjaannya. Pegawai dari satu divisi akan berbagi pengetahuan dan memecahkan permasalahan yang dialami tim-nya secara bersama- sama. Hal ini dilakukan oleh seluruh divisi atau departemen yang ada di dalam organisasi.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Pekanbaru | Pekanbaru, 23- 24 Desember 2013

bpom pekanbaru workshop

Magna Transforma kembali mendapat kepercayaan sebagai fasilitator dalam kegiatan Learning Organization (LO) workshop di Balai Besar BPOM Pekanbaru. Acara dihadiri langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru, Drs. I Gde Nyoman Suandi, Apt, MM. Pendampingan penerapan LO pada Balai Besar POM Pekanbaru difasilitasi oleh tim konsultan dari Magna Transforma.

Selain mengajarkan pemahaman mengenai LO, konsultan juga memotivasi para peserta melalui berbagai macam cara seperti bercerita, melakukan simulasi permainan, dan lain- lain. Peserta mengikuti seluruh kegiatan dengan antusias dan penuh semangat. Magna Transforma akan selalu berkomitmen dalam pendampingan penerapan LO sebagai salah satu bentuk kegiatan dalam reformasi birokrasi.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Medan | Medan, 19- 20 Desember 2013

bpom medan workshop

Magna Transforma kembali melakukan pendampingan penerapan LO (Learning Organization) pada Balai Besar POM Medan. Bertempat di Aula Balai POM Medan, Ir. Cakrawijaya dan Budiman, SE., selaku tim konsultan dari Magna Transforma memberikan materi mengenai LO dan juga memberi semangat bagi seluruh staf dan pegawai Balai Besar POM Medan dengan memberikan motivasi untuk dapat melaksanakan LO dengan komitmen yang kuat. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Balai Besar POM Medan, Drs. I Gde Nyoman Suandi, Apt., MM.

Learning Organization merupakan kunci utama bagi organisasi agar dengan cepat beradaptasi dengan perkembangan lingkungannya. Melalui LO, organisasi akan selalu memperbaharui pengetahuan sumber daya manusianya dengan mencari informasi yang sedalam- dalamnya dan mengolah data tersebut demi perubahan ke arah yang lebih baik.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Batam | Batam, 23- 24 Desember 2013

bpom batam workshop

Dalam rangka mewujudkan misi kelima dari Badan POM, Balai POM di Batam menyelenggarakan kegiatan Learning Organization (LO) yang difasilitasi oleh Dr. Martinus Tukiran ST., MT dan Dr. Widodo Sunaryo, MBA, S.Psi., selaku konsultan dari Magna Transforma. Pendampingan penerapan LO ini diselenggarakan di Aula Balai POM Batam, dan dihadiri oleh seluruh staf dan karyawan dari Balai POM Batam. Kepala Balai POM Batam, Dra I Gusti Ayu Adhi Aryapatni.,Apt juga tampak langsung menghadiri kegiatan LO kali ini.

Para konsultan menyampaikan materi mengenai LO dan juga memotivasi para peserta untuk dapat menerapkan LO dengan penuh komitmen mulai dari unit terkecil sampai ke unit yang terbesar. Melalui pemahaman akan LO dan motivasi dari para konsultan peserta akan menjadi semakin mengerti akan pentingnya penerapan LO dan para konsultan pun telah menularkan semangat untuk mewujudkan organisasi pembelajar secara optimal.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Pangkalpinang & Palembang | Pangkalpinang, 5-6 Desember 2013

bpom pangkalpinang workshop

Kegiatan pendampingan penerapan Learning Organization (LO) Balai POM di Pangkalpinang ini untuk pertama kalinya diikuti oleh dua balai sekaligus, yakni Balai POM Pangkalpinang dan Balai Besar POM Palembang. Kegiatan ini diselenggarakan di Novilla Sungailiat dan dihadiri langsung oleh Kepala Balai POM Pangkalpinang, Drs. Arnold Sianipar, Apt, M.Pharm dan kepala Balai Besar POM Palembang, Dra. Indriaty Tubagus, Apt.,MKes.

Peserta yang berjumlah kurang lebih 95 orang mengikuti kegiatan dengan sangat antusias dan penuh dengan kebersamaan. Dalam acara kegiatan pendampingan ini peserta dari Balai POM Pangkalpinang dan Balai Besar POM Palembang akan terbagi ke dalam beberapa kelompok.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Banjarmasin | Banjarmasin, 5-6 Desember 2013

bpom banjarmasin workshop

Magna Transforma kembali melakukan pendampingan Learning Organization (LO) di lingkungan Badan POM. Kali ini Magna Transforma juga melakukan pendampingan penerapan LO pada Balai Besar POM Banjarmasin yang diselenggarakan selama 2 hari di Hotel Aria Barito- Banjarmasin. Kegiatan pendampingan ini juga dihadiri langsung oleh kepala Balai POM Banjarmasin, Dra. Dewi Prawitasari, Apt., M.Kes.

Para peserta yang merupakan seluruh staf Balai Besar POM Banjarmasin terbagi ke dalam 7 kelompok LO. Setiap kelompok membuat yel- yel dan melakukan presentasi terhadap permasalahan faktual yang terjadi di dalam BBPOM Banjarmasin. Bapak Ir. Cakrawijaya beserta tim selaku narasumber dari Magna Transforma, membantu dan mendampingi para peserta dari setiap kelompok untuk memecahkan permasalahan yang dipresentasikan tersebut sehingga peserta mendapatkan jawaban yang tepat setelah mengikuti acara pendampingan penerapan LO.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Ambon | Ambon, 14-15 November 2013

bpom ambon workshop

Kegiatan Learning Organization (LO) dirancang dalam bentuk forum atau yang lebih dikenal dengan sebutan LO forum. Dalam forum inilah para peserta berkesempatan untuk mendiskusikan contoh permasalahan yang dihadapi dalam lapangan kerja lalu dikaitkan dengan konsep LO yang sudah dipelajari. Kegiatan tersebut dilakukan oleh para peserta yaitu seluruh pegawai balai POM Ambon.

Kegiatan balai POM Ambon ini dihadiri langsung oleh Kepala Biro Perencanaan dan keuangan Badan POM, Drs. Arustiyono, Apt., MPH dan Kepala Balai POM Ambon Dra. Sandra M.P. Linthin, Apt., M.Kes. Dalam kegiatan pendampingan ini, tim konsultan Magna Transforma memberikan inspirasi berupa motivasi dan penyampaian materi mengenai perubahan pola pikir serta budaya kerja dalam organisasi.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Padang | Padang, 12-13 November 2013

bpom padang workshop

Dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi yang juga merupakan peraturan pemerintah untuk meningkatkan kualitas tata laksana dan sumber daya manusia aparatur, Balai Besar POM Padang menyelenggarakan Learning Organization (LO) forum yang difasilitasi oleh Magna Transforma, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Drs. H. Indra Ginting, Apt. MM. selaku kepala Balai Besar POM di Padang.

Tim konsultan Magna Transforma memberikan materi mengenai Learning Organization dan memberikan motivasi kepada seluruh peserta. Dalam sesi motivasi, konsultan banyak memberikan masukan dan berbagi cerita menarik yang dapat meningkatkan semangat peserta untuk menerapkan LO di dalam organisasi. Penyelenggaraan LO juga merupakan misi terakhir Badan POM dimana nantinya akan ada kelompok- kelompok LO yang dilombakan dalam acara konvensi LO pada tahun 2014 mendatang.

 

Pelatihan dalam rangka Pemantapan Pemahaman Quality Management System (QMS) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Jambi | Jambi, 6-7 November 2013

sistem manajemen kualitas

Pada umumnya setiap perusahaan selalu melakukan upaya untuk menghasilkan atau mempertahankan produk yang berkualitas. Untuk menjaga kepuasan pelanggan maka salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah dengan tetap menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas produknya, dengan begitu mereka akan melakukan repeat order atau menambah investasi ke dalam perusahaan anda. Persaingan dalam dunia bisnis membuat banyak perusahaan berlomba- lomba untuk menyediakan produk dan jasa yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Menciptakan sebuah standar dan prosedur bagi proses produksi barang dan jasa merupakan hal yang penting dilakukan demi peningkatan kualitas produk dan hal inilah yang menjadi fokus utama dalam penerapan Quality Management System / Sistem Manajemen Kualitas. Dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi mengenai 8 prinsip manajemen mutu serta detail persyaratan ISO 9001:2008, seluruh pegawai Balai POM Jambi mengikuti in-house training yang berlokasi di Shang Ratu Hote, Jambi yang membahas mengenai pelatihan pemahaman pemantapan Quality Management System / Sistem Manajemen Kualitas. Continue Reading →

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Manado | Manado, 31 Oktober - 1 November 2013

bpom manado workshop

Didampingi oleh tim konsultan Magna Transforma, Balai Besar POM Manado menyelenggarakan kegiatan pendampingan penerapan Learning Organization (LO) bertempat di aula kantor BBPOM Manado. Kegiatan ini dihadiri oleh Dra. Susan Gracia Arpan., Apt., M.Si selaku Kepala BBPOM Manado..

Sampai pada masa akhir penerapan Learning Organization, Magna Transforma akan tetap berkomitmen untuk mendampingi penerapan LO di balai- balai POM di seluruh Indonesia. Melalui LO forum inilah para peserta akan menjadi lebih paham dan mengerti akan arti pentingnya proses belajar dan merespon perubahan- perubahan dalam suatu organisasi. Kegiatan ini akan berakhir dalam acara konvensi LO yang rencananya akan diadakan pada bulan Maret 2014 mendatang. Konvensi LO merupakan salah satu ajang penentuan dari kompetisi LO forum yang bertujuan sebagai sarana pendorong agar aktivitas LO di balai- balai di kota lainnya dapat berjalan dengan baik.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Serang | Serang, 24-25 Oktober 2013

learning organization 02

Kegiatan Learning Organization (LO) terus berjalan di lingkungan setiap unit kerja BPOM. Kali ini Magna Transforma mendampingi kegiatan LO forum balai POM Serang yang bertempat di Hotel Mambruk Anyer. Kegiatan ini dihadiri oleh Dra. Rustyawati, M.Kes, Apt sebagai kepala balai POM Serang, Drs. Arustiyono, Apt., MPh sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Badan POM RI, serta 38 pegawai balai POM Serang lainnya.

Learning Organization merupakan proses perubahan yang dilakukan terus menerus dalam sebuah organisasi sehingga organisasi dapat bertumbuh kearah yang lebih baik. Dalam prosesnya, pegawai dengan pekerjaan yang sejenis akan bertemu secara berkala untuk membahas dan memecahkan masalah dengan metode yang sistematis. Pegawai diharapkan berdiskusi, mengumpulkan dan menganalisa data, lalu menggunakannya untuk memperbaiki sistem kerja. Hal ini juga berperan untuk membentuk pola pikir, pola tindakan dan budaya kerja seluruh pegawai organisasi.

 

Penyusunan Integrasi Dokumen Quality Management System (QMS) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Palangkaraya; ISO 14001:2004 SNI 17025:2008 | Palangkaraya, 19- 20 Oktober 2013

bpom palangkaraya workshop

Dalam rangka mengintegrasikan sistem manajemen mutu ISO 2001 dengan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 dan sistem manajemen laboratorium ISO 17025, Badan POM di Palangkaraya menyelenggarakan workshop penyusunan integrasi dokumen QMS yang bertempat di hotel Aria Banjarmasin.. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Balai POM Palangkaraya, pejabat struktural balai, management representatif, manajer mutu, manajer teknis, serta para staff lainnya.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh kepala Balai POM di Palangkaraya dan paparan oleh panitia sekaligus MR MQS. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan konsultan mengenai persyaratan ketiga sistem dan landasan bisnis proses sebagai dasar untuk integrasi. Sesuai dengan tujuan dari diadakannya kegiatan ini, konsultan juga memberikan kerangka kerja dalam menyusun dokumen integrasi ketiga sistem, memberikan pemahaman atas persyaratan dan peluang integrasi dari ketiga sistem, dan mendiskusikan langkah tindak lanjut dalam melaksanakan integrasi sistem.

Pada akhir kegiatan, para peserta mengikuti diskusi kelompok dalam rangka menentukan dokumen dan persyaratan yang dapat diintegrasikan dan dilanjutkan oleh presentasi oleh masing- masing kelompok. Konsultan juga turut memandu para peserta dalam membahas kesimpulan dan action plan.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Bengkulu | Bengkulu, 17-18 Oktober 2013

bpom bengkulu workshop

Selain mengadakan workshop mengenai manajemen perubahan pada Balai POM di berbagai kota lainnya, Magna Transforma juga melakukan kunjungan ke Balai POM Bengkulu. Kunjungan dilakukan oleh Ir. Cakrawijaya selaku pembicara dan narasumber dalam rangka pendampingan penerapan LO (Learning Organization) di lingkungan Badan POM. Balai POM sendiri menghendaki kegiatan pendampingan penerapan LO ini terus dilakukan di setiap unit kerja dan menjadi kegiatan yang berkesinambungan di dalam lingkungan Badan POM.

Kegiatan ini diikuti oleh 46 peserta staff Balai POM di Bengkulu. Acara berjalan dengan sangat baik, pihak peserta dengan kooperatif mengikuti kegiatan pendampingan dan terjadi komunikasi yang aktif antara peserta dan pembicara. Pembicara memaparkan dan menjelaskan mengenai apa itu LO, diskusi mengenai pemecahan masalah, serta memberikan motivasi kepada para peserta. Selain itu pembicara juga melakukan pengawasan sejauh mana LO forum telah berjalan di Balai POM di Bengkulu. Sama seperti halnya komitmen Balai POM di daerah yang lain, pihak Balai POM Bengkulu juga akan berkomitmen menerapkan LO karena hal ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang tercantum dalam misi BPOM yang terakhir.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI)Jayapura | Jayapura, 2-3 Oktober 2013

bpom jayapura workshop

Sebagai salah satu lembaga Negara yang ingin semakin diakui kredibilitasnya secara internasional, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) telah menetapkan akan melaksanakan manajemen perubahan melalui pendekatan Learning Organization. Hal ini dilakukan sesuai dengan reformasi birokrasi dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Magna Transforma kembali dipercaya untuk mengadakan Workshop di Balai POM Jayapura dengan pembicara Dr. Matinus Tukiran untuk membawakan materi mengenai “Manajemen Perubahan”. Workshop diadakan untuk menanamkan konsep Manajemen Perubahan dan konteks Learning Organization dalam penerapan Manajemen Perubahan. Membangun organisasi pembelajar (Learning Organization) merupakan salah satu misi dari BPOM dimana hal ini adalah wujud pelaksanaaan Visi, Misi, dan Reformasi Birokrasi BPOM Jayapura Continue Reading →

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Palangkaraya | Palangkaraya, 26-27 September 2013

bpom palangkaraya workshop

Bertempat di aula Balai POM Palangkaraya, diselenggarakan kegiatan pendampingan penerapan LO yang difasilitasi oleh tim konsultan dari Magna Transforma. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai BPOM Palangkaraya ini dibuka oleh Kepala BPOM Palangkaraya, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa, S.Si, Apt., MPPM. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Rencana Strategis, Biro Perencanaan dan Keuangan Badan POM RI, Rafika Agusriana, S.Si, Apt.

Para peserta terbagi ke dalam 8 kelompok, setiap kelompok membuat yel- yel dan mempresentasikan hasil diskusi di depan narasumber dan peserta lainnya. Narasumber akan memberikan saran dan bimbingan kepada peserta secara langsung. Selain presentasi, kegiatan ini juga diselingi dengan permainan yang menyenangkan dan yel- yel dari setiap kelompok yang berpartisipasi.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Kupang | Kupang, 26-27 September 2013

bpom kupang workshop

Sebagai Lembaga Negara Non Kementerian yang memiliki peranan strategis dalam melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari obat & makanan yang beresiko terhadap kesehatan, maka sesuai dengan salah satu misinya, Badan POM melaksanakan LO (Learning Organization). Balai POM Kupang mengadakan kegiatan pendampingan LO bersama dengan Magna Transforma di Aula Balai POM Kupang. Kegiatan pendampingan ini difasilitasi oleh Ir. Cakrawijaya dan Budiman, SE selaku konsultan dan juga narasumber dari Magna Transforma. Selain itu juga kegiatan ini dihadiri oleh Dewi Marya Achmad, S.Far., Apt., Kasubag Organisasi Biro Perencanaan dan Keuangan Badan POM dan dibuka oleh Drs. Martin Sembiring, Apt., M.Si selaku Plh. Kepala Balai POM di Kupang.

 

Diseminasi Dokumen Quality Management System (QMS)  - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Bogor | Bogor, 23-24 September 2013

bpom bogor workshop

Dalam kegiatan diseminasi dokumen QMS POM 15 yang dilakukan oleh BPOM, Magna Transforma turut membantu para peserta untuk melakukan review efektifitas POM 15. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Novotel, Bogor. Peserta yang hadir merupakan MR dari setiap Balai- balai POM di Indonesia. Peserta terbagi menjadi 8 kelompok dan didampingi oleh koordinator MR. Kegiatan dibuka oleh Ketua Sestama yaitu Dr. M. Hayatie Amal, MPH., dan materi mengenai QMS dibawakan oleh Dr. Martinus Tukiran ST., MT. Selain itu, hadir pula Kepala Biro Perencanaan dan keuangan yaitu Drs. Arustiyono, Apt., MPH., Kepala Bagian Renstra dan Organisasi Biro Perencanaan dan Keuangan Badan POM RI, Dra. Yunida Nugrahanti, S. Apt., MP., serta Kepala Sub Bagian Perencanaan & organisasi Badan POM.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mereview dokumen POM 15 apakah sudah sesuai dengan format PERMENPAN no. 35 tahun 2012 terkait pendokumentasian SOP atau belum. Para konsultan lainnya dari Magna Transforma turut membantu para peserta untuk mendampingi mereka dalam presentasi dan membantu dalam mereview efektifitas POM 15 dimana SOP di POM 15 ini berbicara mengenai peningkatan sistem manajemen.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Kendari | Kendari, 19-20 September 2013

bpom kendari workshop

Magna Transforma melakukan pendampingan dalam rangka penerapan Learning Organization (LO) yang diselenggarakan di aula Balai POM Kendari. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Badan POM RI Drs. Arustiyono, Apt., MPH dan Kepala Bagian Rencana Strategis dan Organisasi Dra. Yunida Nugrahanti Soedarto, Apt.,MP. Peserta yang merupakan seluruh staf dan struktural BPOM Kendari menampilkan yel- yel dengan penuh semangat. Bapak Dr. Martinus Tukiran, ST., MT selaku narasumber memberikan apresiasi kepada seluruh peserta atas partisipasi dan antusiasme dalam mengikuti seluruh kegiatan pendampingan LO.

Penerapan LO forum dalam organisasi dapat mengubah pola pikir pekerja, perilaku, sampai kepada budaya kerja dalam suatu organisasi. Untuk langkah selanjutnya, Magna Transforma tentu akan tetap memfasilitasi dan mendampingi penerapan LO di lingkungan Badan POM serta tetap menjalin komunikasi yang berkelanjutan sampai masa akhir penerapannya. Dalam penerapan Learning Organization ini dibutuhkan komitmen yang besar dari seluruh karyawan bahkan dari unit terkecilnya agar penerapan LO dapat berjalan optimal dan sukses.

 

Learning Organization (LO) Workshop - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Lampung | Lampung, 12 - 13 September 2013

bpom lampung workshop

Kegiatan pendampingan penerapan Learning Organization (LO) ini diselenggarakan oleh Balai Besar POM Lampung bersama dengan Magna Transforma, Bertempat di Aula Balai Besar POM Lampung, seluruh peserta yang merupakan staf dan struktural Balai Besar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan antusias. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sestama Badan POM RI Ibu dr. M. Hayatie Amal, Mph. Dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Badan POM RI Bapak Drs. Arustiyono, Apt., MPh.

Pendampingan penerapan LO merupakan salah satu misi dari Badan POM dimana nantinya setiap balai yang telah mengikuti LO forum akan menghadiri kegiatan konvensi LO pada tahun 2014 mendatang. Konvensi LO akan dihadiri oleh seluruh kelompok LO yang terpilih dari berbagai balai POM di Indonesia. Kelompok- kelompok LO yang terbaik kemudian akan dilombakan dan ditentukan pemenangnya. Balai POM yang memenangkan lomba akan mendapatkan penghargaan dan dijadikan contoh bagi balai POM di kota- kota lainnya.