Implementasi Balanced Scorecard

Mengapa diperlukan implementasi Balanced Scorecard?

Banyak perusahaan yang telah memiliki strategi perusahaan yang disusun secara komprehensif oleh tim manajemen perusahaan namun strategi tersebut tidak dapat memberikan manfaat seperti yang telah diharapkan karena strategi tersebut tidak berhasil diimplementasikan.

Berdasarkan penelitian Kaplan dan Norton (2003) diketahui bahwa hanya 10% perusahaan di AS yang dapat mengimplementasikan strategi dengan baik, hal ini terjadi karena adanya hambatan dalam mengeksekusi strategi. Ada 4 (empat) hal utama yang menghambat eksekusi strategi yaitu hambatan pada Visi, hambatan pada Pelaku, hambatan pada Manajemen, dan hambatan pada Sumber Daya.

implementasi balanced scorecard 01

Untuk bisa mencapai kesuksesan dalam mengimplementasikan strategi, diperlukan organisasi yang fokus pada strategi. Hal ini bisa dicapai dengan implementasi Balanced Scorecard.

Balanced Scorecard adalah alat bantu manajemen yang dapat menerjemahkan strategi perusahaan yang bersifat jangka panjang, menyeluruh dan prioritas, menjadi rencana dan kegiatan operasional yang bersifat rutin, sektoral dan detail.

Konsultan kami akan membantu klien dalam implementasi Balanced Scorecard. Konsultan akan memandu para eksekutif puncak dan penanggung jawab dalam perusahaan untuk membangun strategi perusahaan. Selanjutnya, konsultan akan melakukan cascading dan menyelaraskan strategi perusahaan secara vertikal dan horisontal dengan pelaksanaan operasional di masing-masing unit kerja. Dengan metodologi yang jelas dan pengalaman konsultan yang telah banyak melakukan implementasi Balanced Scorecard di berbagai jenis perusahaan dan industri, penyelarasan eksekusi strategi dapat dilakukan secara solid dan sistematis.

Berikut ini adalah contoh Peta Strategi Perusahaan Manufaktur, yang kemudian diturunkan (cascade) ke level unit kerja. Di sini kami menampilkan salah satu contoh hasil cascading Peta Strategi yaitu untuk Divisi Marketing. Sasaran Strategis Divisi Marketing yang diberi tanda bintang merupakan Sasaran Strategis Divisi Marketing yang diambil dari Sasaran Strategis Perusahaan, sedangkan Sasaran Strategis Divisi Marketing yang tidak diberikan tanda bintang merupakan Sasaran Strategis tambahan sesuai tanggung jawab Divisi Marketing.

implementasi balanced scorecard 02


implementasi balanced scorecard 03

Untuk dapat mengimplementasikan strategi dengan baik, strategi perlu diturunkan sampai ke level individu. Masalah yang sering muncul di dalam perusahaan adalah ukuran kinerja karyawan tidak selaras dengan ukuran kinerja perusahaan. Hal ini karena pengukuran kinerja karyawan dilakukan secara terpisah dengan pengukuran kinerja perusahaan.

Dengan bantuan Balanced Scorecard, ukuran kinerja karyawan dapat dibangun dengan jelas dan tegas berdasarkan ukuran kinerja unit dan perusahaan yang sesuai dengan tanggung jawab tiap karyawan. Konsultan akan membantu membangun ukuran kinerja individu yang selaras dengan ukuran kinerja unit dan perusahaan.


Apakah implementasi Balanced Scorecard pasti menghasilkan kesuksesan pencapaian strategi?
Banyak perusahaan yang telah melakukan implementasi Balanced Scorecard dan berhasil mengambil manfaatnya, namun banyak juga yang gagal untuk menikmati manfaatnya karena gagal dalam implementasinya.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan secara online ke 500 perusahaan oleh Kaplan dan Norton (2003), diperoleh data bahwa 250 perusahaan menyatakan telah memiliki Balanced Scorecard. 50% dari perusahaan-perusahaan tersebut menyatakan belum waktunya untuk bisa melihat dampak dari implementasi Balanced Scorecard.

Dari 50% sisanya atau 125 perusahaan, 19 perusahaan (15%) menyatakan telah memperoleh hasil yang signifikan, 80 perusahaan (64%) menyatakan memperoleh beberapa kemajuan, 26 perusahaan (21%) menyatakan tidak atau hanya memperoleh sedikit kemajuan.

Mengapa hanya sedikit saja (15%) yang sukses memperoleh hasil yang signifikan?

implementasi balanced scorecard 04

Dengan demikian, memiliki Balanced Scorecard bukan berarti secara langsung dapat menghasilkan kesuksesan pencapaian strategi. Balanced Scorecard merupakan alat bantu, yang tidak dapat memberikan manfaat yang optimal jika tidak digunakan dengan baik. Konsultan kami akan memandu dan mendampingi klien dalam melaksanakan implementasi Balanced Scorecard sehingga dapat dipastikan bahwa Balanced Scorecard yang telah dibangun akan digunakan dengan baik dan dapat memberikan hasil yang optimal.


Apakah Kunci Keberhasilan dalam implementasi Balanced Scorecard?
Dalam implementasi Balanced Scorecard, diperlukan komitmen dan kepemimpinan yang kuat dari tim manajemen untuk memobilisasi perubahan. Tim manajemen perlu bersama-sama menerjemahkan visi dan strategi sehingga menghasilkan konsensus bersama. Kemudian sasaran strategis dan ukuran pencapaiannya perlu dikomunikasikan ke seluruh organisasi agar seluruh unit dan individu dalam organisasi memahami sasaran-sasaran strategis yang harus dicapai untuk keberhasilan strategi organisasi. Strategi organisasi perlu diselaraskan dengan sasaran-sasaran unit kerja dan individu serta perlu diselaraskan antara sasaran dan inisiatif yang akan diambil. Untuk melaksanakan inisiatif, tentunya diperlukan pengalokasian sumber daya yang dibutuhkan, yang akan berpengaruh terhadap budget. Untuk itu, penentuan budget perlu dihubungkan dengan strategi dan untuk menguatkan komitmen bersama, pencapaian kinerja perlu dihubungkan dengan reward.

implementasi balanced scorecard 05

Selanjutnya, organisasi perlu menjalani proses pembelajaran strategi. Di dalam proses ini, tim manajemen bersama-sama melakukan review kinerja strategi secara rutin. Kunci keberhasilan dalam implementasi Balanced Scorecard terletak pada pelaksanaan review kinerja strategi secara rutin ini. Melalui review ini, tim manajemen memantau pencapaian dari semua unit kerja, memberikan umpan balik, dan memutuskan hal-hal taktis yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, penting sekali memiliki dashboard management system yang dapat menyajikan data secara cepat dan akurat, sehingga semua pencapaian dapat direview dalam satu waktu dan keputusan taktis dapat dicatat serta disebarkan dengan cepat kepada unit kerja terkait.

Konsultan kami akan membangun dashboard management system berbasis software yang telah diterapkan di berbagai jenis perusahaan dan industry. Konsultan akan memandu klien dalam menggunakan dashboard management software sehingga klien dapat menggunakan dashboard management software secara efektif.

Konsultan juga akan mendampingi klien dalam pelaksanaan review kinerja strategi secara rutin selama satu tahun. Secara keseluruhan, konsultan akan memandu dan mendampingi klien sampai dengan seluruh tahapan dalam implementasi Balanced Scorecard terlaksana. Dengan demikian, diharapkan akan dicapai suatu perbaikan yang terus-menerus sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan organisasi yang fokus pada strategi dan dapat mencapai kesuksesan pencapaian strategi organisasi.

Penulis : Santi Dharmayanti, ST.

Untuk diskusi dan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi (021) 29022118 - 20 atau mengirim email info@magnatransforma.com