Pelatihan Tahap “RAWAT” untuk JNE Puri Kembangan Pada Program Konsultasi 5R

Setelah menyusun AKK (Aktivitas Kelompok Kecil), membagi zona tanggung jawab yang sesuai dengan AKK, menyusun Instruksi Kerja (IK), membuat Standard Ringkas, Rapi dan Resik maka pada tanggal 16 Desember 2013 Bapak Ir. Cakrawijaya selaku konsultan 5R mengadakan pelatihan khusus mengenai tahapan selanjutnya yaitu “Rawat” sebagai bagian dari program konsultasi 5R di kantor JNE Puri. Pelatihan diselenggarakan di JNE Learning Centre Tomang dan dihadiri oleh para peserta yang merupakan leader dari AKK di JNE Puri dan komite inti 5R JNE.


Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk melaksanakan standarisasi di tempat kerja, mempertahankan kondisi optimum, dan mewujudkan tempat kerja bebas dari kesalahan. Berdasarkan tujuan inilah, para peserta dituntut untuk dapat melaksanakan standarisasi di tempat kerjanya dan sebagai salah satu bentuk “Rawat” pula, karyawan dituntut untuk dapat menjalankan IK yang sudah ada dan melaksanakan program audit di tempat kerjanya.


Rawat merupakan tahap ke empat dari kegiatan implementasi 5R dimana pada tahap ini karyawan harus menciptakan dan mempertahankan kondisi lingkungan kerja dengan menggunakan kendali berupa standar-standar kegiatan 5R yang telah dibuat, memeriksa kondisi tempat kerja dan peralatan yang akan digunakan sehingga nantinya dapat membuat masalah yang tersembunyi menjadi mudah dikenali dan dapat menciptakan mekanisme kendali visual serta mekanisme anti salah untuk mencegah terjadinya kesalahan. Pada tahap ini, dibutuhkan partisipasi dari seluruh karyawan agar dapat menjaga konsistensinya untuk bertanggung jawab atas tempat kerjanya masing- masing. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta yang merupakan leader dan komite inti 5R dapat menjalankan sosialisasi kepada seluruh anggotanya di kantor JNE Puri.