Pelatihan ISO 31000:2009 & COSO ERM:2004 di Lembaga Sandi Negara

Dalam praktek penyelenggaraan persandian yang saat ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan strategis ada berbagai macam risiko yang berpotensi menyebabkan kerugian atau kegagalannya. Penyelenggaraan persandian tidak terlepas dari adanya unsur risiko yang menyebabkan timbulnya permasalahan, hambatan, kerawanan, ancaman, penyimpangan dan penyalahgunaan yang dapat berdampak pada terjadinya gangguan.


Salah satu langkah yang saat ini sedang dalam pembahasan Direktorat Pengendalian Persandian guna menjamin efektifitas berjalannya fungsi pengendalian persandian adalah penerapan manajemen risiko yang sesuai dengan konteks penyelenggaraan persandian.


Pelatihan ISO 31000:2009 dan COSO ERM:2004 untuk Lemsaneg diselenggarakan pada tanggal 5 Desember 2013 lalu di Hotel Sahati- Jakarta Selatan, dan juga dihadiri oleh Kepala Direktorat Pengendalian Persandian. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk menjadikan manajemen risiko sebagai bagian terintegrasi dalam proses bisnis Direktorat Pengendalian Persandian dan penyelenggaraan persandian pada instansi pemerintah.


Penerapan ISO 31000 dapat membantu organisasi menaikan kemungkinan pencapaian tujuan, memperbaiki identifikasi peluang-peluang dan ancaman-ancaman, serta membantu organisasi secara efektif mengalokasikan dan menggunakan sumber daya untuk perlakuan risiko. Manajemen risiko merupakan rangkaian proses untuk mengidentifikasi risiko, mengevaluasi dan pengendalian risiko yang dapat mengancam kelangsungan usaha atau aktivitas organisasi.