Proses Penerapan 5R - Tahap Pengenalan

Setelah Tahap Persiapan, langkah berikutnya adalah Tahap Pengenalan pada tahap ini ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan guna mengenalkan atau mempromosikan 5R terhadap seluruh pihak. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain:

2.1 Penyiapan Media Promosi
Media promosi sangat diperlukan untuk menarik minat para karyawan terhadap penerapan 5R serta dapat berfungsi juga sebagai pengingat dan menyadarkan para karyawan mengenai komitmen perusahaan dalam menerapkan 5R. Media promosi bisa dibuat misalnya dalam bentuk buku saku, pin, spanduk, dsb.

tahap penerapan 5r 09
Contoh media promosi

2.2 Executive Briefing
Executive Briefing dilakukan untuk menyamakan persepsi para Top Management mengenai penerapan 5R, mendapatkan komitmen dan menyepakati hasil atau target yang diharapkan para pimpinan dari penerapan 5R. Pada executive Briefing ini dilakukan juga aktifitas turun langsung ke lapangan/shop floor (Genba) agar para pimpinan mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi di tempat kerja, sehingga mendapatkan gambaran nyata tentang target atau harapan apa yang ingin dicapai dari penerapan 5R nantinya.

tahap penerapan 5r 10
Executive Briefing di depan para Pimpinan


tahap penerapan 5r 11
Penandatanganan Komitmen Penerapan 5R oleh CEO & Para Manajer


tahap penerapan 5r 12
Berfoto bersama setelah penandatanganan Komitmen Penerapan 5R


2.3 Team Building
Setelah mendapatkan komitmen para pimpinan melalui Executive Briefing, tahap berikutnya adalah melaksanakan Team Building. Manfaat dilakukannya Team Building adalah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, semangat, kerjasama dan motivasi dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, membangun kedekatan dan komunikasi yang efektif, menyatukan individu-individu menjadi sebuah tim yang solid dan kompak untuk mencapai tujuan bersama, yang nantinya diharapkan dapat terbawa juga dalam penerapan 5R di area kerja masing-masing peserta. Dengan Team Buiding ini para fasilitator dari setiap AKK dilatih untuk menyelesaikan suatu proyek, mengatasi konflik yang muncul, membangun produktivitas tim melalui permainan-permainan yang menyenangkan namun tetap mempunyai nilai pembelajaran.

tahap penerapan 5r 13
Permainan yang dilakukan bertujuan untuk melatih kekompakan, kerjasama menumbuhkan jiwa kepemimpinan para peserta, dan semangat pantang menyerah dalam menyelesaikan suatu proyek

2.4 Kick Off
Pelaksanaan Kick Off menandakan bahwa proyek penerapan 5R siap dimulai. Kegiatan Kick Off ini sebaiknya dihadiri oleh para pimpinan dan target penerapan 5R kembali disampaikan, sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan 5R yang akan dilaksanakan di perusahaan. Sebagai bentuk promosi, kegiatan Kick Off dikemas semenarik mungkin dan melibatkan seluruh karyawan misalnya dengan mengadakan lomba yell-yell untuk setiap AKK, pemilihan duta 5R, membuat logo 5R, dsb. Dalam acara Kick Off, Komite 5R yang telah dibentuk sebelumnya juga akan diperkenalkan dan diresmikan.

proses penerapan 5r 14
Komite Inti 5R Berfoto bersama dengan CEO dan para Manajer


proses penerapan 5r 15
Lomba yell-yell untuk melibatkan para karyawan


2.5 Pengenalan Umum
Pengenalan Umum ini dikemas dalam bentuk pelatihan di kelas dan turun langsung ke lapangan (shop floor)bagi para fasilitator setiap AKK yang telah di tentukan sebelumnya. Pada sesi ini, para fasilitator dilatih juga untuk dapat membagi Zona Tanggung Jawab di areanya masing-masing.

proses penerapan 5r 16
Proses dalam membagi Zona Tanggung Jawab


proses penerapan 5r 17
Verifikasi di lapangan (shop floor) terhadap Zona Tanggung Jawab yang telah disepakati


Tujuan dari pengenalan umum ini adalah untuk menyamakan persepsi dan memberikan gambaran umum mengenai 5R, karena para fasilitator tersebut diharapkan dapat memfasilitasi para Leader dan member terkait penerapan 5R di area kerjanya masing-masing.

Berikut ini daftar periksa Tahap Pengenalan, untuk memastikan anda siap melanjutkan ke tahap berikutnya

proses penerapan 5r 18


Penulis : Ernawati, S.T.


Untuk diskusi dan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi (021) 29022118 atau mengirim email info@magnatransforma.com